Training 1 Hari “Becoming a Star IT Person HM Sampoerna”, 11 Desember 2019, Hotel Tentrem Yogyakarta

83 | Dec 12, 2019 | HR Excellency | Latest Event

Banyak yang mengatakan, “Kerja di bagian support itu penilaian customer cuma bergerak dari minus sampai nol”. Tatkala segalanya berjalan lancar, tidak diberi apresiasi sama sekali karena dianggap sudah semestinya dan selayaknya. Tapi, saat ada masalah, bagian support-lah yang ditegur hingga dicacimaki. Ya itulah bagian dari risiko pekerjaan di IT Customer Service. Karena itulah agar bisa memiliki mental yang kuat dan kesiapan untuk menghadapi segala tantangan ke depan baik dari dalam maupun dari luar, para anggota tim IT Customer Service pun dibekali lewat training 1 hari “Becoming a Star IT Person HM Sampoerna” dalam acara IT Customer Service Year End Meeting di Yogya.

Dalam training ini para peserta selalu diingatkan untuk menjadi STAR Person, STAR employee. Apa yang dimaksud dengan STAR? Di sini artinya para peserta memiliki semangat yaitu Supportive Attitude, Take Action, Anticipate Needs serta Result Oriented. Selain itu para peserta pun diajak berefleksi, dalam pekerjaan sekarang apakah mereka hanya ingin terus-terusan menjadi IT troubleshooting saja yang bertugas seperti pemadam kebakaran atau kah mau lebih berinisiatif untuk mengantisipasi dan mencegah agar kebakaran tidak terjadi? Yang bintangnya satu, mungkin pintar padamkan masalah tapi para peserta dituntut untuk bisa menjadi bintang lima yang mengantisipasi masalah.

Karena itulah, di era disruption yang ditandai dengan perubahan yang luar biasa ini, para peserta disadarkan bahwa kontribusi serta service yang diberikan itulah yang membuat mereka tetap eksis sampai sekarang. Ini adalah era Revolusi Industri 4.0 dimana pekerjaan IT dengan mudahnya seringkali dioutsorce atau diganti dengan mesin. Karena itulah, peserta perlu memiliki keunggulan. Seperti yang dikatakan oleh Jack Welch dan almarhum Ciputra, “Kalau nggak punya keunggulan, kamu nggak akan bisa bersaing”. Karena itulah, pada kesempatan ini, para peserta pun dilengkapi dengan 7 disiplin penting yang harus dimiliki dan disingkat dengan istilah WASPADA.

Training sehari yang dibawakan oleh Master Trainer HR Excellency, Bp. Anthony Dio Martin, tanggal 11 Desember 2019 di Hotel Tentrem Yogyakarta ini pun dianggap mampu membantu para anggota tim IT Service internal HM Sampoerna ini untuk bisa menjadi IT Person yang lebih proaktif membantu! Mau menjadi pribadi-pribadi positif yang bukan sekedar NATO (no action talk only) tapi juga mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif yang di peroleh. Sebab, bukan pengetahuan yang akan mengubah tapi tindakan merekalah yang akan mengubah keadaan serta situasi mereka di perusahaan HM Sampoerna.

So, IT Customer Service HM Sampoerna. Be a star IT person! BE A STAR Employee Tapi, jangan juga hanya sekedar bintang satu, tapi A Five IT Star Person!

Share this: