Tips Bagaimana Menjadi Partner Training Internasional?

119 | Jun 20, 2018 | HR Excellency | Tips & Motivasi
Tips Bagaimana Menjadi Partner Training Internasional?

(Pengalaman HR Excellency Dipilih Jadi International Partner Training?)

Tahun ini termasuk cukup spesial buat HR Excellency. Jika tahun-tahun sebelumnya, beberapa kali mewakili lembaga seperti Six Seconds, MWS Internasional, serta Simdustry dari Jerman. Tahun ini, kita dipilih untuk kerjasama dengan Shi Bisset & Associate (SB&A). Dari berbagai lembaga training yang di Indonesia, salah satu yang dipilih untuk melakukan trainingnya di Indonesia oleh Shi Bisset International yang berpusat di Shanghai ini adalah HR Excellency.

Shi Bisset sendiri adalah lembaga training pengembangan organisasi yang dikomandoi oleh Shi Bisset yang notabene adalah seorang Doktor di bidang pengembangan organisasi (organizational development) lulusan Oxford.

Ternyata, ketika ditanya mengapa HR Excellency yang menjadi pilihan mereka. Ada beberapa latar belakang yang menjadi kriteria mereka. Pertama-tama, tentunya track record. Kedua, adanya partner trainer internasional lain yang juga memberi rekomendasi. Dan ketiga tentunya reputasi.

Karena itulah, pada kesempatan ini saya ingin membagikan bagaimana caranya atau tips agar lembaga dan organisasi kita bisa menjadi pilihan dan berhubungan dengan lembaga internasional. Bayangkan, betapa bagusnya ketika jaring “peluang” kita semakin terbuka ketika kita bisa menjadi partner untuk mengajar di Indonesia. Intinya, kita menjadi partner lokal untuk mengajar, tanpa harus membayarkan royalti malahan kita dikasihkan klien dan dibayar. Peluang yang menarik bukan? Bagaimana caranya?

Pertama. Kuasai bahasa Inggris. Dan bukan itu saja, lakukan pula posting sosmed ataupun sesekali, sharing dalam bahasa Inggris tentang kompetensi lembaga kita. Sebagai contoh, LinkedIn adalah sumber yang bagus bagi lembaga-lemnaga atau perorangan untuk menemukan kita.

Kedua. Juallah kemampuan serta edifikasi dari klien. Klien-klien internasional akan semakin disukai karena menunjukkan bahwa kita adalah lembaga yang kualitasnya diakui organisasi dan perusahaan internasional. Jangan lupa di website lembaga training kita, dimunculkan berita ataupun info tentang event dengan klien-klien yang pernah kita berikan training, apalagi itu merupakan lembaga internasional.

Ketiga. Bangunlah network dan interaksi dengan trainer-trainer di luar negeri pula. Jika memungkinkan, ikutkan dalam berbagai organisasi, ataupun event-event internasional yang memungkinkan kita membangun network dengan para trainer dari negara lain. Boleh dikata, berkat network inilah pula, yang memungkinkan para trainer HR Excellency pernah mengajar di China, Jepang, Malaysia, Singapura bahkan hingga mewakili Indonesia dalam konferensi EQ di Harvard University.

Keempat. Jadilah lembaga yang gampang untuk diajak kerjasama serta memiliki integritas. Hal ini seringkali menjadi masalah. Sebagai partner lokal, tunjukkan bahwa kita punya itikad baik mengikuti aturan dan kontrak. Bahkan, bersedia mengikuti gaya dan ketentuan materi dan pengajaran yang mereka tentukan. Dalam hal ini, biasanya setiap lembaga training internasional, punya gaya dan cara khas yang mereka tentukan.

Dalam hal ini, mestinya kita bisa fleksibel untuk mengikuti ketentuan mereka. Masalahnya, mereka pasti telah melewati pembicaraan khusus dengan kliennya. Sehingga, kita pun tunduk dengan kesepakatan mereka, serta tidak seenaknya. Intinya, kita bersedia jadi partner yang mudah diajak bekerjasama. Bukan yang ngeyelan. Suka seenaknya ataupun melenceng dengan menciptakan style atau gaya tersendiri.

Akhirnya. Tetaplah jaga integritas. Salah satu kekuatiran lembaga luar adalah partner lokal akhirnya akan “merebut” klien yang diberikan mereka. Kadangkala setelah melihat gaya mengajar kita, klien lokal mungkin akan menghubungi kita dan berkata, “Bolehkah kami berhubungan langsung dengan lembaga Anda saja”. Disinilah godaan bisnis dan integritas kita dipertaruhkan. Ada baiknya kita tetap berkata, “Berhubung kami adalah partner lokal, ada baiknya untuk kebutuhan lainnya kembali menghubungi induk lembaga training kami”. Ataupun, paling tidak lebih baik kita sebagai partner lokal menghubungi lembaga international untuk “menikdaklanjuti” kebutuhan klien tersebut.

Percayalah, sangat tidak “worthed” mencurangi partner yang telah mempercayai kita dengan kliennya demi keuntungan sesaat.

Begitulah tips membuka peluang dan jaringan bisnis kita. Semoga sharing ini bermanfaat!
Salam Antusias!

Your Partner in Journey To Success!
Salam Antusias!
Anthony Dio Martin
www.hrexcellency.com
www.mwsindonesia.com
www.anthonydiomartin.com

Share this:

You might also like this:

IQ Membuat Anda Diterima, EQ Membuat Anda Dipromosikan!

IQ Membuat Anda Diterima, EQ Membuat Anda Dipromosikan!

MENDOAKAN BISNIS PESAING

MENDOAKAN BISNIS PESAING

GRIT, 4 FAKTOR PENENTU SUKSESMU!

GRIT, 4 FAKTOR PENENTU SUKSESMU!

Prinsip U-B-W-F
109 | NLP

Prinsip U-B-W-F

Prinsip Magnet & Prinsip People Developement

Prinsip Magnet & Prinsip People Developement

Perubahan atau Transisi?

Perubahan atau Transisi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *