The Power Trainer PT. Astra Honda Motor, 24-26 April 2019, Jakarta

94 | Apr 27, 2019 | HR Excellency | Latest Event

Gemuruh tepuk tangan kali ini menyambangi kantor PT Astra Honda Motor di kawasan Pulogadung Jakarta Timur. Tanggal 24-26 April 2019, giliran para instruktur safety riding Main Dealer, PT. Astra Honda Motor mengikuti program dahsyat The Power Trainer yang kembali diadakan oleh PT. Astra Honda Motor bekerjasama dengan Mini Workshop Series Indonesia. Tak kalah antusias dan heboh dari batch sebelumnya. Batch kali ini memang sangat luar biasa. Karena para peserta adalah para pahlawan yang bertugas untuk menyadarkan semua orang yang hobi mengendari motor agar lebih waspada di jalan raya. Materi mereka sungguh wajib untuk disimak karena menyangkut nyawa seseorang saat berkendara. Melalui program The Power Trainer ini, diharapkan seluruh instruktur safety riding dapat berkampanye tentang pentingnya berkendara yang baik dan benar dengan kemasan yang lebih menarik, lebih entertain, tidak hanya fokus untuk menyampaikan edukasi saja.

Para instruktur safety riding yang sudah terbiasa mengedukasi, ternyata tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar. Hari pertama baru dimulai pun mereka sudah “GAS POLL” aktif bertanya dan mengajak diskusi. Ditambah materi dari Mini Workshop Series (MWS) Indonesia dibalut dengan konsep edutainment yang membuat peserta selalu semangat dan aktif berpartisipasi untuk mengikuti semua activity dengan serius dan fun. Inilah yang dicari oleh peserta yaitu bagaimana mereka tidak sedang di edukasi dan diajarkan. Namun mereka sedang menjadi partner ngobrol yang asyik, rekan sharing yang sangat bersahabat. Hal ini membuat para peserta sadar bahwa bisa jadi selama ini mereka bukan melakukan training tetapi sedang melakukan presentasi jangka panjang. Para instruktur yang sering menjadi pembicara tamu di berbagai instansi pemerintahan, swasta sampai ke anak-anak ini dengan serius mengikuti pembelajaran yang mengusung metode active learning & experiential learning dari MWS Indonesia. Dengan audiens yang sangat variatif, persiapan yang sangat matang dari para instruktur akan membuat training mereka semakin menarik dan jauh dari kata membosankan. Bukan hanya saat menyampaikan isi materi yang harus dipersiapkan saja. Mereka terkejut bahwa saat Opening pun, mereka harus mempersiapkan dengan baik. Kini mereka sadar bahwa jika sampai audiens tidak suka dengan isi materi Anda, bahkan dengan Anda sebagai seorang instruktur pun karena Opening Anda yang sangat biasa dan terkesan sudah siap menggurui mereka.

So..selama 3 hari para instruktur safety riding di fasilitasi langsung para Master Trainer MWS Indonesia, Bp. Anthony Dio Martin, Bp. Max Sandy dan Bp. Ahmad Madu yang penuh totalitas untuk sharing, berbagi tips bagaimana caranya menjadi Trainer yang Hebat dan Profesional. Semua dikupas tuntas mulai dari cara mempersiapkan training, bagaimana menyampaikan materi dengan terstuktur, bagaimana mendesign slide yang menarik sampai bagaimana cara menyampaikan isi materi dengan penuh powerful dan tak lupa menutup training yang memorable pun menjadi menu santapan yang sangat renyah bagi para peserta. Bukan hanya itu, Para Master Trainer MWS pun mengajak seluruh peserta untuk praktek dari teori yang disampaikan dan diberi constructive feedback. Mereka menyadari bahwa selama ini mereka hanya memberikan informasi dan mengajar saja tanpa mengemasnya dengan sesuatu yang emosional dan FUN.

Dibagian akhir tulisan ini, kami mengajak semua peserta untuk belajar dari seekor ikan. Hanya ikan mati yang akan mengikuti arus. Dan hanya trainer biasa, yang datang hanya mengajar, dan hanya membaca slide presentasi saja. So, para instruktur safety riding Main Dealer, PT. Astra Honda Motor, jadilah trainer yang punya kemampuan mengajar yang kreatif, jauh dari membosankan agar dapat konsisten dan bertahan untuk menginspirasi banyak orang. Layaknya ikan yang selalu bergerak terus tidak pernah mundur walau ada rintangan. Buat para instruktur safety riding, BE A POWERFUL TRAINER! One Two Three… Prok..Prok..Prok, KEREN!!

Share this: