The Map: Simulasi Boardgame Keren Yang Mengajarkan 4 Ketrampilan Penting Buat Para Pemimpin Bisnis!

131 | Dec 19, 2019 | HR Excellency | Leadership | Tips & Motivasi
The Map: Simulasi Boardgame Keren Yang Mengajarkan 4 Ketrampilan Penting Buat Para Pemimpin Bisnis!

Attack!!
Dan begitu mendengar aba-aba tersebut. Serentak, semua peserta dalam satu tim, mengangkat pedangnya dan mengarahkan pada group yang diserang. Group yang diserang akan kehilangan poin dan harus membayar. Mereka pun bisa saling memata-matai untuk menentukan siapa yang harus diwaspadai. Selanjutnya merekapun harus menjaga sumber energi yang mereka miliki, agar tak habis. Dan setelah itu, mereka pun harus mengoptimalkan peran si bendahara, si mata-mata serta prajurit dalam groupnya! Tujuan group adalah berperang melawan musuh untuk cepat-cepatan sampai di tujuan.

Itulah bagian dari simulasi boardgame bernama THE MAP.

Ini merupakan salah satu boardgame simulasi dunia yang idenya berasal dari seorang trainer dan praktisi bisnis asal Malaysia, James Leow. The Map ini dari negeri asalnya telah dipergunakan untuk mengajari para eksekutif berbagai perusahaan nasional maupun multinasional soal bagaimana menyusun stategi bisnis, mengelola keuntungannya agar berhasil jadi pemenang. Dan di Indonesia sendiri, The Map ini telah mulai dimainkan untuk berbagai perusahaan nasional dan multinasional, diperkenalkan oleh HR Excellency.

Dilihat dari permainannya, isinya memang fun, atraktif serta sangat menyenangkan. Selain, tentunya sangat kompetitif oleh karena antar group diminta untuk berkompetisi menjadi pemenang. Inilah salah satu game yang banyak mengajarkan prinsip soal “the winning attitude” (sikap menjadi pemenang).

So, dilihat dari permainan ini, apakah manfaatnya? Ternyata, manfaatnya sangat keren. Paling tidak, manfaat pembelajarannya bisa disingkat STAR. Yakni :
1. Strategic Thinking. Yakni mengajarkan kepada peserta bagaimana membuat rencana strategis bersama timnya. Bagi para leader dalam bisnis, memiliki visi jangka panjang adalah penting. Untuk itu mereka harus merencanakan secara jeli, apa yang menjadi tujuan mereka. Dan sangat penting, jangan sampai aktivitas jangka pendek membuat mereka lupa tujuan utamanya.

2. Tactical Planning. Tujuan jangka panjang dimulai dengan pencapaian jangka pendek. Pepatah Cina mengatakan, “Perjalanan bermil-mil jauhnya hanya dimulai dari satu langkah”. Karena itu, perencanaan taktis bicara soal bagaimana membuat tindakan dari waktu ke waktu, agar visi jangka panjang bisa diwujudkan.

3. Agile Strategy. Dalam bisnis, kegesitan adalah sesuatu yang penting. Ketika suatu taktik tak berhasil maka sangat penting bahwa tim harus dengan cepat mengubah taktiknya. Kalau tidak kerugian besar akan terjadi. Masalahnya, seringkali kita bertemu dengan pimpinan serta tim yang sangat rigid (kaku) dengan rencana mereka. Akibatnya, mereka percaya ketika langkah mereka sudah yang terbaik, maka tak perlu diubah lagi. Padahal, kompetitor mereka telah mengubah caranya.

4. Risk & Resoure Management. Mengelola aset serta risiko adalah sangat penting. Tanpa kemampuan ini, banyak organisasi yang berakhir dengan konyol. Sumber daya itu terbatas, karena itu perlu dikelola untuk ditentukan prioritasnya. Begitupun, risiko harus dikelola agar bisnis tidak jadi merugi gara-gara risiko yang tidak diantisipasi.


Demikianlah simulasi The Map mengajarkan keempat kompetensi ini kepada para pelaku bisnis.

Dan bagaimana komentarnya peserta yang pernah mengikuti The Map ini?

Sebuah simulasi bisnis penting yang mengajarkan spirit bisnis, spirit bertempur, membuat analisa serta menyusun strategi. Semua pemimpin wajib belajar ketrampilan ini dan simulasi ini banyak membantu“, begitulah yang diungkapkan seorang Presdir multifinance company di Indonesia yang mengamati timnya menjalankan simulasi the Map.

The Map mengajarkan saya agar mampu memanfaatkan kelebihan. Menganalisa kekuatan musuh. Lalu, bekerjasa dalam tim untuk mencapai kemenangan. Bukankah semua bisnis seperti itu?” Kata seorang regional manager bank perkreditan rakyat soal The Map.

Kami kalah gara-gara tidak mampu mengoptimalkan fungsi tim. Akhirnya kami lengah dan dikalahkan kompetitor. Saya belajar seni berperang dalam bisnis melalui simulasi boardgame ini“. Begitulah komentar seorang pimpinan perusahaan ritail yang mengikuti program ini juga.

So, dengan hadirnya The Map semoga memberikan alternatif pembelajaran soal ketrampilan penting dalam bisnis. The Map juga menjadi tambahan training progam di Indonesia untuk membekali para pemimpin bisnis soal 4 ketrampilan utama: strategic thinking, tactical planning, agile strategy serta resource & risk planning.

Berminat untuk tahu lebih banyak soal The Map untuk tim atau organisasi Anda? Silakan menghubungi tim kami di No. Telp. 021-3518505 atau 021-3862521 atau WA langsung ke: 0812 9805 4929. Dapatkan manfaatnya!

Share this:

You might also like this:

Merindukan Pemimpin Yang Tidak Egois
422 | Leadership

Merindukan Pemimpin Yang Tidak Egois

Crucial Competence: 12 Kompetensi EQ Penting Yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin!
886 | Leadership

Crucial Competence: 12 Kompetensi EQ Penting Yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin!

Lima Level Kepemimpinan Sejati
2362 | Leadership

Lima Level Kepemimpinan Sejati

PUNYA ANAK BUAH MILENIAL ?? INILAH 7 TIPS PENTING UNTUK MEMIMPIN DAN MENGELOLA PARA MILENIAL
299 | Leadership

PUNYA ANAK BUAH MILENIAL ?? INILAH 7 TIPS PENTING UNTUK MEMIMPIN DAN MENGELOLA PARA MILENIAL

Kenali 4 Tipe Karyawan atau pun Pengikut di Kantor!
929 | Leadership

Kenali 4 Tipe Karyawan atau pun Pengikut di Kantor!

Wakil Pimpinan yang Suka Marah-Marah
540 | Leadership

Wakil Pimpinan yang Suka Marah-Marah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *