Simulasi Tim & Leadership: THE MAP untuk para ELT, 12 Februari 2018, HR Excellency Office-Jakarta.

58 | Feb 15, 2018 | HR Excellency | Latest Event

The first is experiencing, the second is reverse learning and the third is virtual coach. Now the second, debriefing and also reverse learning. Reverse Learning is a certain technique that we ask the participant how to apply what you learn in your work. It’s all with application. Do you agree with me that application is the next most important thing after learning? After we learn, we must apply. If you learn, but don’t apply, it’s just knowledge. Now, listen carefully. Knowledge is only pontential power. Do you agree? So, knowing is not doing. It is recalled as a guiding principle learning. A lot people say we know (pernah Nampak tak?, pernah tengok tak? Pernah baca tak?, what are you doing with it?). Without action, knowing is not doing……It is just a potential power”

Itulah sepenggal ujaran James Leow, founder the MAP dari Malaysia kepada para trainer ELT dalam rangka mengenalkan simulasi games the MAP di Indonesia. Dengan sedikit campuran bahasa melayu, James menjelaskan dan memperagakan serta mengajak para peserta langsung bermain. Dalam sekejap peserta memahaminya dengan sangat jelas plus bonus kegembiraan. Rencananya dalam waktu dekat James akan memperkaya dunia pembelajaran di Indonesia dengan games tersebut.

Dan ternyata the MAP memang game yang praktis. Dikemas secara sederhana dengan metode permainan yang sederhana pula, games ini tidak terlalu sulit dimainkan. Setiap tim berlaku sebagai tim perang dengan peran masing-masing memperebutkan wilayah kemenangan dengan strategi eksekusi yang matang melewati sebuah PETA. Cocok untuk dimainkan dalam organisasi pada semua level.

Esensi training game ini terdiri dari 3 bagian, yaitu bermain dan mengalami (experiencing), Belajar dari permainan itu dan terakhir mengaplikasikannya dengan bantuan virtual coach. Virtual coach adalah prisma dengan 7 pertanyaan coaching yang akan membimbing peserta dalam mengaplikasikan apa yang dipelajari dari games tersebut ke dalam hidup pribadi dan pekerjaan.

Tentu saja simulasi yang diselenggarakan tanggal 12 Februari 2018 di kantor HRE-MWS Indonesia ini menjadi sangat seru karena pesertanya para Essential Licensed Trainer yang selalu antusias dan fun dalam proses apapun yang bisa menambah khasanah wawasan dan pengetahuan mereka. Terima kasih para ELT dan tentu saja tuk pencipta dan Master Trainer dari THE MAP, Mr James Leow yang bersedia datang ke Indonesia untuk memperkenalkan dan memfasilitasi kami. THE MAP siap utk menginspirasi para leader dan karyawan di Indonesia!

Share this: