Seminar World Lupus Day 10 Mei 2017 “Pain Is Inevitable, Suffering Is Optional” di RS Sardjito Yogyakarta

76 | May 11, 2017 | HR Excellency | Latest Event

Lupus? Apa yang kita ketahui soal Lupus. Kebanyakan orang yang ditanya, tidak memiliki pengetahuan apapun soal Lupus. Padahal Lupus termasuk salah satu penyakit autoimun yang cukup banyak terjadi. Dan hingga sekarangpun, belum ada obatnya sama sekali.  Di Indonesia, angka statistik menunjukkan penderitanya telah mencapai sekitar puluhan ribu orang. Tentunya, ini angka yang cukup besar mengingat banyak orang yang tidak tahu menahu soal penyakit ini. Sementara, penderita penyakit Lupus ini ada yang menjadi depresi dan merasa “tidak berguna” setelah mendapatkan penyakit ini.

Karena itulah, dalam rangka menyambut hari Lupus Sedunia yang jatuh di tanggal 10 Mei 2016. Para komunitas Lupus di Yogyakarta bekerjasama dengan para dokter penyakit dalam di RS Sardjito Yogyakarta, serta disupport oleh tim Combiphar, menyelenggarakan peringatan hari Lupus sedunia yang dilanjutkan dengan Seminar motivasi untuk para penderita Lupus yang dibawakan oleh Bp.Anthony Dio Martin. Acara seminar tersebut berlangsung di Ruang Diklat Utama di Geduang Diklat RS Sardjito Yogyakarta. Para penyandang Lupus atau yang biasa disebut Odapus (Orang dengan Lupus) di komunitas Yogyakarta menyambut antusias acara ini. Bahkan, banyak diantaranya tidak pernah mendapat pembekalan sesi motivasi seperti ini, mereka pun jadi merasa sangat terbantu. Intinya, para penderita Lupus bukan saja perlu menjaga kesehatan fisiknya, tetapi juga mental emosionalnya. Pada sore harinya, juga diadakan Motivasi Radiotalk di SmartFM Yogyakarta yang menghadirkan Bp. Anthony Dio Martin, Ibu Titiek Sri Hendarti sebagai VP Merketing Combiphar serta Ibu Anindita dari Komunitas Lupus Worrior Yogyakarta. Rencananya, acara ini juga masih akan berlanjut di Bandung dan Jakarta.

Semoga saja sesuai dengan tema motivasinya, khususnya para Odapus, “Menjadi sakit adalah sesuatu yang tak terhindari, tetapi apakah harus menderita karenanya, itu adalah soal pilihan!”.


Share this: