Anthonydiomartin
Salam Antusias!
Hi..hello! Terima kasih ya telah berkunjung ke website HR Excellency - salah satu lembaga training terkemuka di Indonesia untuk pengembangan personal, tim dan organisasi. Jika ada pertanyaan, kebutuhan dan permintaan informasi silakan menghubungi kami.

Pentingnya Kecerdasan Emosi Saat Menghadapi Presentasi

623 | Jul 19, 2017 | HR Excellency | Emotional Intelligence | Tips & Motivasi
Pentingnya Kecerdasan Emosi Saat Menghadapi Presentasi

Menjadi hal wajar ketika kita merasa gugup ketika berada di hadapan orang banyak untuk melakukan presentasi. Namun hal itu akan menjadi tidak wajar ketika Anda selalu gugup setiap melakukan presentasi. Rasa gugup ini biasanya muncul karena ada semacam kekhawatiran pada pikiran Anda. Misalnya, Anda cemas bakal melakukan kesalahan saat presentasi.

Bangun kecerdasan emosi kita untuk menghadapi hal-hal semacam ini. Kecerdasan emosi juga sangat baik untuk membangun karir kita di masa depan. Dengan berbekal kecerdasan emosi yang baik maka kita akan dapat menghadapi semua kendala  yang mungkin akan kita hadapi ketika mengejar apa yang menjadi tujuan kita.

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kepanikan kita ketika hendak presentasi adalah dengan memaksimalkan bahasa tubuh. Bahasa tubuh yang tepat bisa membantu untuk mengatasi kegugupan saat presentasi. Ingat, yang dilihat oleh manajemen sebagai audiens tidak hanya materi yang terlihat di layar proyektor. Tapi juga bahasa tubuh Anda saat melakukan presentasi. Saat menyampaikan materi, gerakan tangan dan tubuh kita ikut berperan agar audiens mengerti apa yang Anda sampaikan.

Jangan pernah melawan rasa gugup ketika Anda sendiri dirundung kecemasan. Anda juga butuh menikmati proses presentasi yang sedang Anda lakukan. Nikmati perasaan gugup tersebut hingga akhirnya akan menghilang dengan sendirinya. Tidak usah cemas jika Anda akhirnya harus berbicara sedikit terbata-bata.

Audiens rasanya akan mengerti kondisi yang Anda alami saat itu. Karena kemungkinan besar juga mereka pasti pernah mengalami hal yang sama. Jangan ngotot mengejar kesempurnaan. Poin yang lebih penting adalah Anda dan audiens bisa menikmati materi yang Anda sajikan. Audiens merasa terhibur dan mereka bisa belajar sesuatu yang baru dan menarik. Sehingga audiens pun bisa keluar ruangan dengan membawa sejumlah inspirasi baru. Itulah yang akan menjadi poin penting sebagai tanda kesuksesan Anda dalam berpresentasi.

#kecerdasanemosi

Share this:

You might also like this:

Kendalikan Amarahmu!

Kendalikan Amarahmu!

Mempersiapkan Memimpin Rapat yang Baik dan Efektif

Mempersiapkan Memimpin Rapat yang Baik dan Efektif

Cara Super Meningkatkan Kecerdasan Emosional Kita (Part 2)

Cara Super Meningkatkan Kecerdasan Emosional Kita (Part 2)

Atasi 5 Racun Emosionalmu!

Atasi 5 Racun Emosionalmu!

Cerdas Emosi Kalau Bikin Status SosMed

Cerdas Emosi Kalau Bikin Status SosMed

Inilah 7 Pertanyaan Yang Menyengsarakan Hidupmu!

Inilah 7 Pertanyaan Yang Menyengsarakan Hidupmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *