Anthonydiomartin
Salam Antusias!
Hi..hello! Terima kasih ya telah berkunjung ke website HR Excellency - salah satu lembaga training terkemuka di Indonesia untuk pengembangan personal, tim dan organisasi. Jika ada pertanyaan, kebutuhan dan permintaan informasi silakan menghubungi kami.

Marx in Corp Comic Series: MENIKMATI DIOMELIN BOSS

202 | Oct 14, 2019 | HR Excellency | Marx in Corp Comic Series

*Klik Gambar untuk memperbesar

Comic Strip Marx In Corp
Minggu II Oktober 2019
MENIKMATI DIOMELIN BOSS
Ide Cerita: Anthony Dio Martin & Max Sandy
Illustrator: Max Sandy “Boss ngomel? Ada 2 kemungkinan. Satu, memang ada kesalahan serius yang terjadi. Dua, memang dia hobinya ngomel!” Katanya, ada sekian persen dari gaji kita yang memang dibayar menghadapi omelannya boss. Besarnya persenan itu, mungkin berbeda untuk tempat yang berbeda-beda. Kayaknya ini cuma bercandaan, tapi ada benernya juga lho!

Jadi, ketika boss ngomel dan marah, sikap kita bisa macam-macam. Ada yang justru jadi defensif dan melawan omelannya boss. Hal ini malah bikin si boss makin senewen. Ada yang pura-pura tidak tahu (atau memang nggak mau tahu). Ada juga yang langsung panik. Tapi, ada juga yang tetap tenang. Tidak fokus pada emosinya boss, tapi berusaha melihat apa alasannya boss,serta mencari tahu apa yang terjadi.

Boss memang tak selamanya benar!
Tapi, bagaimana pun, dia boss kita! Ketika dia ngomel, tetap saja, kita yang dalam posisi bawahan adalah mencari tahu. Kenapa boss ngomel? Apakah boss dapat informasi salah? Ataukah kelalaiannya kita?

Dalam ilmu NLP (Neuro Linguistic Programming), ada teknik namanya reframing. Membingkai. Lebih tepatnya, mengubah sudut pandang. Termasuk didalamnya adalah sudut pandang melihat ketika boss ngomel-ngomel. Daripada panik, atau defensif ataupun jadi kesel sama boss. Mengubah sudut pandang membuat kita lebih nggak terganggu saat satu kejadian nggak menyenangkan terjadi. Termasuk saat boss marah. Daripada, jadi sengit, kesel dan terganggu. Mungkin lebih baik melihat dari sisi pembelajarannya. Lihat apa yang bisa dilakukan dan bersikap lebih tenang. Apalagi, kalau berhadapan sama si boss yang hobinya marah-marah!

Ingat, hak si boss untuk marah. Tapi hak kamu untuk menentukan sikapmu. Dan pilihan sikap terbaik adalah…. bersikap dewasa hadapi omelan itu!

So, kalau besok boss ngomel lagi, kamu akan ngapain?

Salam Antusias!
www.hrexcellency.com
IG: anthonydiomartin
FB: anthonydiomartinhrexcellency
Youtube : Anthony Dio Martin Official

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *