Marx in Corp Comic Series: Jujur Tingkat Tinggi

51 | Aug 20, 2019 | HR Excellency | Marx in Corp Comic Series

*Klik Gambar untuk memperbesar

Comic Strip Marx In Corp
Minggu III Agustus 2019
JUJUR TINGKAT TINGGI
Ide Cerita: Anthony Dio Martin & Max Sandy
Illustrator: Max Sandy

Ketika kamu mengatakan orang lain bermasalah.. jangan-jangan masalahya justru ada di kamu!

Amuba di seberang lautan tampak, dinosaurus di depan mata nggak tampak!” Kalimat yang mencibir orang yang mudah melihat kekurangan pada orang lain, tapi kesalahannya sendiri, ia tidak sadar. Dalam organisasi, lembaga, tempat kerja seringkali kita menyaksilan orang seperti ini, berkeliaran.

Mereka mengkritik, mengata-ngatai atau membicarakan kekurangan orang lain. Kesalahan orang lain dibesar-besarkan. Tapi, ketika ia salah, ia diam seribu bahasa. Atau, ia tidak melihat bagaimana sebenarnya ia sendiri “tidak lebih bersih” daripada yang lainnya.

Seperti biasa, komik kita kali ini menyindir orang-orang yang merasa dirinya lebih bersih, lebih hebat ataupun lebih tinggi posisinya. Tatkala ia mulai menyalahkan dan menuding pada pihak yang dianggap salah, jangan-jangan juatru kontribusi kesalahan terbesar datang dari dia. Bahkan seorang pimpinan sekalipun.

Artinya apa? Ketika seorang pimpinan mengeluhkan, menyalahkan atau melabel anak buahnya bermasalah.. serta perlu dikoreksi dan dibina. Jangan-jangan yang harus dibina duluan adalah si PIMPINAN itu sendiri.

Salam Antusias!
www.hrexcellency.com
IG: anthonydiomartin
FB: anthonydiomartinhrexcellency
Youtube : Anthony Dio Martin Official

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *