Leadership Managerial Quotient (LMQ) Workshop Matahari Department Store (MDS), Matahari Human Capital Center, Jakarta 20-21 Maret 2019

237 | Mar 22, 2019 | HR Excellency | Latest Event

Peter F. Drucker, seorang penulis, konsultan manajemen, dan “ekolog sosial yang sering disebut sebagai bapak “manajamen modern” pernah mengatakan “Management is doing things right; leadership is doing the right things”. Dalam hal ini kepemimpin adalah sebuah tanggungjawab yang tidak hanya pasif tapi juga aktif untuk menjadi tauladan bagi timnya lewat setiap tindakannya. Lebih dari pada itu kepemimpinan diharapkan berawal dari perasaan tulus yang timbul dari hati yang ingin melayani terlebih dahulu sebelum dilayani. Ya itu bagian yang dirasakan HC sangatlah penting dimiliki para calon pemimpin di Matahari Department Store. Itu yang disebut dengan Servant Leadership. Dan hal ini sudah mulai dipersiapkan sebelum para staf dipercaya untuk menjadi Asistant Store Manager. Itu sebabnya, dalam proses pembekalan yang diberikan di program Career Development Program (CDP) untuk para calon Asistant Store Manager “Leadership Managerial Quotient” (LMQ) menjadi salah satu workshop yang wajib dilewati.

Setiap peserta dipersiapkan mentalnya untuk bisa menerapkan Servant Leadership lewat materi-materi yang diberikan. Mulai dari menyadari besarnya tantangan sebagai pemimpin di depan apalagi yang berkaitan dengan 3 Perangkap Kepemimpinan (yang sudah sering diperingatkan kemeraka yang akhirnya urusannya jd sumber masalah) yaitu Harta, Tahta dan Wanita. Lalu juga menyadari karakter team role mereka lewat hasil tes yang ditunjukkan ke mereka. Dari sini peserta bisa lebih aware tidak hanya soal nilai lebih yang dimiliki tapi mana area development mereka. Dan masih banyak lagi hal lain yang mereka pelajari tidak hanya lewat sharing teori belaka tapi juga melihat tauladan seorang leader lewat video, melakukan games dan simulasi besar tentang leader yang berasal dari Amerika. Semua bekal yang ada benar-benar membuka mata peserta tentang diri sendiri, kelompok dan tentu saja bagaimana mereka nantinya harus menjalankan tanggungjawab besar yang dipercayakan mereka. Tentu saja jika mereka berhasil melewati setiap tahapan yang ada.

Harapan terbesar kedepan, semoga bekal yang diberikan tidak hanya sampai pada tahap penyadaran tentang image kepemimpinan yang ingin dibangun tapi juga bisa meningkatkan levelnya lebih tinggi dari sebelumnya. Ya sesuai dengan level kepemimpinan mereka saat ini di Lima Level Kepemimpinan Sejati yang disharingkan ke meraka.

Share this: