EQM Workshop Matahari Department Store, 22-23 November 2019, Matahari HCC-Karawaci.

8 | Nov 24, 2019 | HR Excellency | Latest Event

Sydney Harris mengatakan, “Yang perlu kita takutkan sebenarnya bukanlah mesin yang bisa berpikir seperti manusia, tapi manusia yang cara berpikirnya seperti mesin”. Kebayang ga sih kalau bawahan, rekan kerja apalagi kalau atasan kita seperti itu… Suasana kerja apalagi interaksinya pasti bakal kaku banget. Itu sebabnya banyak perusahaan ingin mengajarkan Emotional Intelligence atau EQ untuk karyawannya. EQ membuat para karyawan bisa memiliki fleksibilitas yang tidak dimiliki mesin secara intrapersonal dan interpersonal. Semakin baik kematangan emosi seseorang, semakin besar peluang karirnya meningkat. Dan ini selalu menjadi kepedulian tim Human Capital Matahari. Itu sebabnya EQM Workshop dari HR Excellency menjadi salah satu program yang dipilih untuk mematangkan Kecerdasan Emosi para leadernya demi perkembangan karir mereka dan sudah pasti akan sangat membantu interaksi didalam tim mereka nantinya.

Kali ini EQM Workshop diberikan untuk para Store Manager dari berbagai daerah di Indonesia dan Tim di Head Office. Workshop ini sendiri dilaksanakan tanggal 22-23 November 2019 di Matahari Human Capital Center Karawaci. Banyak hal yang didapatkan selama 2 hari workshop. Mulai dari menyadari pola-pola (positif dan negatif), membangun rasa empati, mengelola stress, membangun relasi dengan orang lain, membaca orang lain, cerdas melihat situasi serta tahu cara menavigasikan emosi sendiri sehingga lebih produktif. Semua menjadi bekal yang sangat baik untuk mereka.
Menariknya dari workshop ini, peserta tidak hanya mendapatkan materi secara teori di kelas besar, peserta pun di ajak untuk melakukan beberapa praktek sebagai bagian dari tips, serta tidak hanya itu saja, kepada setiap peserta diberikan kesempatan untuk melakukan konsultasi dengan para psikolog secara satu demi satu. Tentu saja ini menjadi kesempatan berharga karena dengan mereka para peserta bisa menyampaikan secara curahatannya ataupun berkonsultasi tentang cara meningkatkan stamina level-nya maupun menyikapi beberapa feedback yang diberikan untuknya dari hasil tes yang ada.

Tanpa terasa, workshop berjalan dengan begitu cepatnya. Tibalah peserta di akhir workshop ini. Sebuah tantangan besar diberikan ke mereka semata-mata untuk membuktikan betapa besar peranan emosi dalam mencapai tujuan hidup mererka. Semoga hal itu bisa menjadi daya dorong yang besar untuk menggapai kesuksesan dan kebahagiaan mereka. Akhir sebuah Workshop, Permulaan sebuah Tindakan. Tantangan sesungguhnya justru dimulai sejak saat peserta kembali di dunia rutinitas kesehariannya. Dan yang pasti perubahan besar berawal dari perubahan kecil yang dilakukan dengan tekun dan konsisten. Untuk itu kepada peserta diberikan juga sebuah hadiah yang seharusnya bisa membantu mereka untuk bisa secara konsisten menerapkan EQ didalam kehidupan mereka baik di tempat kerja maupun di rumah. Selamat menerapkan semua jurus EQ yang sudah dibagikan di kelas. Be a high EQ Leader

Share this: