Anthonydiomartin
Salam Antusias!
Hi..hello! Terima kasih ya telah berkunjung ke website HR Excellency - salah satu lembaga training terkemuka di Indonesia untuk pengembangan personal, tim dan organisasi. Jika ada pertanyaan, kebutuhan dan permintaan informasi silakan menghubungi kami.

7 Cara Curi Start Memasuki Tahun Baru

385 | Dec 14, 2019 | HR Excellency | Tips & Motivasi
7 Cara Curi Start Memasuki Tahun Baru

Orang sukses tidak menunggu-nunggu kesempatan, mereka menciptakan kesempatan. Orang sukses telah memulai, sementara orang gagal,masih sibuk cari alasan menunda-nunda.

So, kali ini mari kita belajar dari orang sukses bagaimana mereka “memulai” sebelum orang lain memulai. Inilah berbagai tips bagaimana caranya curi start memasuki tahun baru. Ini juga merupakan beberapa step yang saya sukai. Bagaimanakah prakteknya? Ayo, kita simak!

7 Step Tips Curi Start

1. Mulailah dari sekarang. Justru sebelum memasuki tahun yang baru, lakukan start. Masalahnya, ada semacam penyakit “New Year Hangover” yakni semacam penyakit waktu ketika memasuki tahun baru. Simtom-simtomnya, diantaranya: merasa terlalu awal buat start. Merasa masih di awal-awal, jadi justru menunggu. Akibatnya, justru karena menunda dan menunggu, malah seringkali telat memulainya. Jadi justru semakin cepat memulai di akhir tahun, semakin baik saat kita memasuki awal tahun.

2. Bikin temanya sekarang. Pikirkan di tahun yang baru, temanya apa. Ini bicara soal apa yang kamu akan mulai fokuskan di tahun mendatang. Contoh: tahun perhatian pada aspek fisik, tahun keluarga fokus pada family, tahun new business. Ciptakanlah sebuah tema yang mulai Anda pikirkan justru sebelum Anda memasuki tahun yang baru.

3. Lanjutkan dari tahun lalu. Percayalah, Anda akan bisa mencapai jauh lebih banyak dengan membuat sesuatu yang berkesinambungan daripada sesuatu berakhir setahun dan memulai sesuatu yang sama sekali baru di tahun berikutnya. Hampir semua mega proyek dikerjakan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, hidup dan prestasimu seharusnya juga demikian. Pikirkanlah sesuatu yang berkelanjutan dari tahun sebelumnya, tapi terus dikembangkan dan dibuat menjadi lebih baik (continuous improvement)

4. Mulailah kick off lebih cepat. Sementara kebanyakan orang memulai pluitnya di tahun baru, canangkan bahwa kamu memulainya justru sebelum tahun lama berakhir. Jadi, ibaratnya sebelum tahun baru, kamu telah membunyikan pluitmu sendiri untuk memulai aktivitas tahun 2020mu.

5. Tandai tindakan konkrit sejak awal tahun. Ini penting banget. Sejak sekarang, milikilah agenda tahun yang baru. Lalu mulailah tandai mengenai tindakan, rencana serta hal-hal penting yang akan dilakukan, khususnya di bulan-bulan awal yakni Januari dan Februari. Itulah bulan-bulan biasanya orang masih malas mengambil langkah dan tindakan. Kebanyakan orang masih berleha-leha dan bermalasan.

6. Rencanakan event penting atau milestone penting yang akan kamu lakukan di tahun baru. Tandai sejak sekarang. Buatlah itu menjadi komitmenmu. Misalkan momen perjalanan, momen liburan. Momen acara khusus yang kamu ingin laksanakan. Tandai sejak sekarang. Masalahnya, kalau komitmen itu tidak dibuat biasanya, kalau sudah tiba waktunya seringkali terjadi ‘excuse’ atau pemaafan yang membuat kita dengan mudahnya melanggar apa yang sudah kita tetapkan.

7. Praktekkan skenario building. Intinya, skenario building fokus pada 3 skenario penting di tahun yang akan datang. Seandainya, situasi berjalan dengan lancar dan mulus. Itulah skenario optimis. Dalam skenario model optimis ini, diharapkan indikator ekonomi dan support penuh Anda peroleh. Tapi siapkan juga skenario pesimis. Intinya,kalau segala sesuatu tidak berjalan seperti yang Anda harapkan, apa antisipasinya? Dan ketiga, skenario realitis. Manakah yang kemungikinan besar akan terjadi. Dan di atas semua itu, buatlah rencana apa hal minimal yang mau Anda raih.

Semoga dengan mencuri start, Anda bisa meraih lenih banyak di tahun yang baru nanti! Bayangkan,dengan curi start, sementara orang lain hanya punya 365 hari, justru Anda punya lebih banyak dari 365 hari. Keren kan…?

Share this:

You might also like this:

Melayani Pelanggan dengan Beres
839 | Service

Melayani Pelanggan dengan Beres

EQ Parenting Dari Kasus Engeline: Sayangilah Anakmu!
678 | Parenting

EQ Parenting Dari Kasus Engeline: Sayangilah Anakmu!

Ubah Hidupmu dengan Reframing!
1990 | NLP

Ubah Hidupmu dengan Reframing!

Hati-Hati Anak yang Kekurangan Cinta
364 | Parenting

Hati-Hati Anak yang Kekurangan Cinta

Unhappiness Habits: Inilah 7 Kebiasaan Manusia Yang Tidak Bahagia, Bagaimana Menghindarinya?

Unhappiness Habits: Inilah 7 Kebiasaan Manusia Yang Tidak Bahagia, Bagaimana Menghindarinya?

Buku dan Kekuatan Kata-kata!

Buku dan Kekuatan Kata-kata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *