3 Tips Presentasi Persuasif: Mau Presentasi? Menarik Saja Tidak Cukup, Tapi Harus Persuasif!

24 | Jun 1, 2019 | HR Excellency | Tips & Motivasi | Training Presentasi
3 Tips Presentasi Persuasif: Mau Presentasi? Menarik Saja Tidak Cukup, Tapi Harus Persuasif!

Siapa yang ingin tahu bagaimana melakukan presentasi yang lebih baik itu di kantor atau kepada klien? Katakan, “Saya!”

Saya rasa setiap harinya akan selalu ada orang yang melakukan presentasi apapun profesinya. Apalagi kalau Anda termasuk berprofesi penjual. Membawakan presentasi adalah salah satu bagian penting dari pekerjaan tenaga penjual atau sales executive.

Inilah situasinya…

Seorang penjual akan melakukan presentasi di depan para manajer dan klien yang mempunyai wewenang untuk mengambil keputusan. Para supervisor dan manajer penjualan pun bahkan harus presentasi kepada para direktur agar ide-ide dan penawaran mereka bisa disetujui. Hal yang sama terjadi dengan para manajer bagian sales yang menyampaikan presentasi kepada pimpinan mereka agar bisa mendapat persetujuan untuk planning dan budget pemasaran.

Faktanya, dibandingkan dengan rekan kerja di departemen lain, para profesional di bidang sales pastinya lebih sering melakukan presentasi. Kesuksesan pekerjaan mereka sangat tergantung pada kemampuan untuk menyampaikan presentasi yang persuasif dan meyakinkan, tidak hanya kepada para klien, tetapi juga pada rekan kerja, atasan bahkan staff dibawahnya. Intinya, karir dalam pekerjaan, kesuksesan dalam bisnis dan peluang keuntungan bisnis, sering bermula dari kemampuan PRESENTASI Anda!

Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak tahu cara melakukan presentasi yang persuasif dan meyakinkan. Selama ini bisa jadi mereka hanya ingin melakukan presentasi yang menarik. Tapi mereka tidak melakukan presentasi persuasif. Apa bedanya presentasi yang menarik dengan presentasi yang persuasif?

Apa Beda Presentasi Menarik dengan Presentasi Persuasif?

Sebuah presentasi yang menarik adalah presentasi yang mampu menyerap perhatian audiens, membuat audiens ingin mendengarkan lebih lanjut dan membuat audiens bisa lebih terlibat/berpartisipasi. Presentasi yang mampu menyampaikan pengalaman dengan kemasan yang menyenangkan. Presentasi yang menarik akan mampu menghibur dan menyemangati audiens. Sebaliknya, sebuah presentasi yang persuasif dan meyakinkan mampu untuk mengubah pikiran, meyakinkan dan mendapatkan kepercayaan dari audiens untuk mengambil keputusan. Lebih penting lagi, mampu untuk membuat audiens bergerak dan bertindak!

Maka ada perbedaan besar antara presentasi yang menarik dengan presentasi yang persuasif dan meyakinkan. Tetapi sayangnya, banyak tenaga penjual sampai profesional pun tidak menyadari perbedaan yang mendasar ini. Mereka terus-menerus menghabiskan waktu dan tenaganya untuk mempersiapkan presentasi yang heboh dan menarik. Hasilnya, presentasi mereka memang bisa diterima dengan baik, tetapi para tenaga penjual tetap belum bisa mendapatkan hasil penjualan yang diharapkan. Mengapa? Karena presentasi itu hanya menarik, tetapi tidak cukup persuasif dan meyakinkan klien untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu tenaga penjual perlu memikirkan bukan hanya melakukan presentasi dengan menarik namun juga harus persuasif dan meyakinkan!

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan presentasi persuasif adalah dengan :
1.LAKUKAN DEMO
Membuat demonstrasi agar audiens bisa benar-benar melihat sendiri manfaat dari produk atau jasa Anda yang sedang Anda katakan. Mereka akan percaya jika sudah melihat dan sudah mulai terpengaruh.
2.TUNJUKKAN BUKTI
Tunjukkan bukti dalam bentuk dokumentasi seperti sertifikat, artikel di koran, hasil survei, dan lain-lain.
3.BERIKAN TESTIMONIAL
Testimoni biasanya adalah cara yang cukup efektif. Carilah pelanggan yang telah merasakan sendiri pengalaman dan kepuasan yang didapat dari Anda, lalu dapatkan kesaksian darinya. Contohnya melalui endorser. Anda meminta seseorang yang punya reputasi baik, terkenal dan dihormati untuk memberikan dukungan atau menceritakan bagaimana performa produk atau service Anda. Bisa juga dengan menggunakan video. Rekam testimoni dari pelanggan yang puas ke dalam video, sehingga bisa diputar lewat laptop atau bahkan telepon genggam.

Banyak profesi yang melakukan presentasi tidak berusaha untuk melakukan hal-hal tersebut, tetapi mereka fokus kepada tampilan slide yang menarik dengan sisi entertain-nya. Namun mereka berharap bisa meyakinkan audiens untuk mengambail keputusan hanya dengan membuat mereka tertarik saja, itu hampir tidak mungkin terjadi!

Mau tahu informasi training presentasi yang persuasif dan meyakinkan?

Di HR Excellency, kita telah bertahun-tahun mengembangkan materi presentasi yang bukan sekedar menarik tapi juga persuasive. Ingin tahu lebih banyak mengenai program workshop 2 hari “Powerful Persuasive Presentation”? Silakan bicarakan kebutuhan Anda dengan tim kami di 021-3518505 atau 021-3862521 atau WA langsung ke: 0812 9805 4929

Share this:

You might also like this:

GROGI MENGHADAPI INTERVIEW KERJA? INI TIPSNYA!

GROGI MENGHADAPI INTERVIEW KERJA? INI TIPSNYA!

Mempersiapkan Memimpin Rapat yang Baik dan Efektif

Mempersiapkan Memimpin Rapat yang Baik dan Efektif

Pemimpin yang Cemas di Perusahaan ‘Keturunan’
266 | Leadership

Pemimpin yang Cemas di Perusahaan ‘Keturunan’

10 Penyakit Kerja Bagi Pemula

10 Penyakit Kerja Bagi Pemula

STUDI KASUS TRAINING EQ : KARIR YANG TERSELAMATKAN “Wanita Ini Nyaris Dipecat, Untungnya…”

STUDI KASUS TRAINING EQ : KARIR YANG TERSELAMATKAN “Wanita Ini Nyaris Dipecat, Untungnya…”

Apa yang Diajarkan Pelayan Starbuck Kepadaku Hari Ini?
256 | Service

Apa yang Diajarkan Pelayan Starbuck Kepadaku Hari Ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *