Pentingnya Presentasi Untuk Melejitkan SUKSES Karir Anda

Pentingnya Presentasi Untuk  Melejitkan SUKSES Karir Anda

Inilah pengalaman saya. Saat itu ada pekerjaan yang sangat saya dambakan. Menjadi konsultan bisnis. Sebelumnya, sejak lulus, saya hanya menjadi praktisi HR, tapi belum pernah jadi konsultan. Maka ketika mendapat tawaran pekerjaan itu, saya menjadi sangat excited! Wawancara pun dilakukan.

Seperti biasanya, saya pun diwawancarai oleh beberapa orang yang akan menjadi “user” saya nantinya. Karena terbiasa di rekrutmen (bahkan saya sendiri punya sertifikat Certified Professional Recruiter dari Kanada dulu), saya pun sudah bisa memperkirakan pertanyaan mereka akan seperti apa. Masalahnya, yang lamar kerjaan itu bukan hanya saya. Bahkan ada beberapa kandidat yang melamar. Jadi, semuanya pasti akan memberikan jawaban “berkualitas”. So, bagaimana caranya saya membuat diri saya berbeda?

Tiba-tiba, di ruang wawancara itu, saya mengambil inisiatif. Ketika ditanya, “Apa yang bisa kamu kontribusikan untuk perusahaan ini?”. Lantas, saya pun berdiri mengambarkan konsep mengenai kompetensi yang saya miliki. Sambil membuat gambar di white board, saya pun mempresentasikan tentang diri saya. Kayaknya, para pewawancara nggak expect saya akan melakukan presentasi kecil, tapi mereka dengan senang hati mengijinkan saya melakukan presentasi. Dan ternyata benar, dengan cara presentasi itu, saya bukan saja menggambarkan soal kompetensi diri saya tetapi juga membuat si pewawancara terkesan. Dengan sendirinya mereka juga menyimpulkan, kandidat ini juga bisa presentasi! Suatu skills yang amat dibutuhkan untuk seorang konsultan.

Akhir ceritanya, sayalah yang diterima!

Itulah kisah saya beberapa puluh tahun yang silam.

Ternyata, hingga sekarang kemampuan presentasi menjadi salah satu cara saya “mencari sesuap nasi” (plus segenggam emas). Artinya, presentasi menjadi kemampuan yang paling penting untuk menghidupi saya dan keluarga.

Dan saya pun yakin, jika ditanya kepada para pebisnis, rata-rata akan mengatakan kemampuan presentasi sebagai sesuatu kemampuan yang mutlak. Mengapa?

Sebagai seorang pemimpin ataupun pebisnis, mereka harus mampu menjual ide dan mempersuasi timnya, menjelaskan soal produk atau informasi tertentu, memberikan gambaran kondisi terkini, kompetisi bisnis serta apa yang menjadi tujuan ke depan. Jika mereka tidak memiliki kemampuan presentasi, maka semuanya harus dilakukan dengan pendekatan personal ke setiap orang. Wuih… Betapa meletihkannya?

Manfaat Presentasi Buat Karir Anda.

Kalau boleh disimpulkan, presentasi adalah keterampilan yang akan membuat Anda menjadi SUKSES! Mengapa demikian? Sebab dengan presentasi Anda akan…

S, Sederhanakan yang rumit
U, Unggulkan Brand Diri Anda
K, Kredibilitas Anda Naik di Mata yang Mendengar
S, Sistematika Berpikir Anda Akan Sangat Dihargai
E, Efisien & Efektifkan Komunikasi
S, Simpati Orang Akan Meningkat

Nah, mari kita bahas satu demi satu.

Sederhanakan yang Rumit

Tahukan kalimat dari Albert Einstein yang terkenal? Menurutnya, salah satu ciri kejeniusan seseorang terlihat dari kemampuannya menyederhanakan sesuatu. Bahkan, ada yang melengkapi kalimat Einstein tersebut dengan kalimat begini, “Orang jenius, menyederhanakan yang rumit menjadi mudah. Orang idiot, merumitkan hal yang mudah menjadi sesuatu yang semakin rumit”. Bener sekali! Makanya, ketika kita melakukan presentasi, sebenarnya, Anda sedang menyederhanakan sesuatu yang rumit dan abstrak, menjadi sesuatu yang lebih jelas dan nyata dengan kata-kata. Dalam dunia bisnis saat ini, kemampuan untuk berpikir secara simpel, tanpa membuat sesuatu menjadi rumit akan menjadi suatu keunggulan. Makanya, kalau kita mampu melakukan presentasi dengan baik, kita pun dianggap sebagai orang yang berkontribusi dalam menyederhanakan sesuatu yang rumit menjadi mudah untuk dipahami.

Unggulkan Brand Diri Anda 

Brand adalah sesuatu yang membuat Anda unik. Bayangkanlah, tatkala yang lain duduk, sementara Anda berdiri memberikan presentasi ide Anda, bukankah itu membuat Anda menjadi unik? Anda menjadi kelihatan, Anda tampak! Nah, ini pula yang sering membuat orang menjadi grogi. Makanya, tidak semua orang mau melakukan presentasi. Bagi mereka, itu sesuatu yang menakutkan. Tapi justru karena menakutkan bagi orang lain, menguasai presentasi membuat kita menjadi lebih unggul. Brand diri kita lebih kelihatan. Justru pengalaman saya menunjukkan, kebanyakan orang yang karirnya cepat naik biasanya dia seringkali melakukan presentasi di depan para boss. Dalam hal ini, mungkin saja Anda mencibir dan berkata, “Tapi kan cuma omong doang”. Tapi, ya begitulah faktanya. Tatkala seseorang mampu bicara, otomatis dia akan dinilai unggul. Meskpun, saya tetap menganjurkan, selain pintar omong, Anda pun harus bisa pintar membuktikannya. Itulah yang bagus!

Kredibilitas Anda Naik di Mata yang Mendengar

Ketika brand Anda naik, Anda mulai diperhatikan dan diingat. Selanjutnya, kalau presentasi Anda ternyata berbobot ditambah dengan pengetahuan Anda, maka Anda bukan lagi cuma sekedar diperhatikan. Orang yang melihat Anda pun, mulai mengakui bahwa Anda kredibel di bidang yang Anda presentasikan. Makanya, tidak mengherankan, tatkala seseorang mempresentasikan sesuatu dan dianggap bagus, biasanya dia akan diminta untuk presentasi lagi. Bahkan tak jarang, mereka dibayar untuk melakukan presentasi tersebut. Saya pun ingat seorang peserta kelas presentasi saya yang pernah membawakan topik soal safety di kantornya. Boss-nya sangat terkesan. Dan ternyata boss-nya juga ketua suatu asosiasi profesi. Maka, waktu itu, anak buahnya ini diminta membawakan lagi topik soal “safety” itu di asosiasinya dan ternyata dibayar, lumayan kan. Waktu dibayar, dia masih sungkan menerima karena merasa itu tugas dari boss-nya. Tapi boss-nya yang puas mengatakan, “Anggap aja itu hadiah buat kamu karena materimu yang bagus”. Tuh kan, gimana kredibilitasnya nggak naik?

Sistematika Berpikir Anda Akan Sangat Dihargai

Melakukan presentasi berarti cara bicara Anda dipaksa untuk lebih sistematis. Memang sih ada presentasi yang justru sangat buruk sehingga setelah mendengarkan mereka, Anda semakin bingung. Makanya penting untuk berlatih melakukan presentasi yang baik. Namun, yang jelas dengan sistematika berpikir yang semakin baik, maka Anda akan semakin dihargai. Sebabnya? Presentasi Anda menunjukkan cara berpikir Anda pula! Karena itu, kalau kita perhatikan presentasi-presentasi yang viral seperti presentasinya Steve Jobs ataupun Jack Ma, menunjukkan kualitas sistematika berpikir mereka yang runut, sistematis dan berdampak. Omongan mereka tidak bertele-tele tapi meninggalkan bekas yang sangat mendalam bagi mereka yang mendengarnya.

Efisien & Efektifkan Komunikasi

Jaman sekarang memang jaman online. Banyak komunikasi dilakukan lewat gadget. Tapi kesalahpahaman juga sering terjadi. Masalahnya, kadang komunikasi tatap muka langsung memberikan kesempatan bagi kita untuk tahu respon, gestur serta suasana hati pendengar. Dalam presentasi, yang mendengar bisa merespon langsung hingga memberikan umpan balik. Dengan demikian, presentasi membuat komunikasi lebih efektif dan efisien. Banyak kesalahpahaman yang bisa diluruskan. Banyak kebingungan yang bisa diklarifikasikan juga. Penilaian tentang kemampuan komunikasi kita juga akan lebih unggul!

 Simpati Orang Akan Meningkat

Akhirnya, yang seringkali membuat presentasi mendongkrak karir adalah karena adanya L-Factor (Likebility Factor). Apakah itu? Itulah faktor kemenarikan yang membuat orang lebih bersimpati dengan Anda. Karena itulah, hampir dalam setiap proses kenaikan jabatan, selalu ada bagian dimana seseorang harus melaukan presentasi idenya. Presentasi seakan menjadi ujian akhir. Dan saya menemukan banyak yang gagal promosi karena presentasinya belepotan. Namun sebaliknya, tatkala seseorang mampu melakukan presentasi dengan baik, simpati maupun nilai jualnya dimata orang yang mendengarkan juga akan meningkat. Karena itulah, mengapa presentasi seakan-akan menjadi “harga mati” yang harus dikuasai semua orang yang berkarir saat ini?

So, bagaimanakah kemampuan presentasi Anda?

Note: Mau secara serius meningkatkan kemampuan presentasi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *