Mengapa HRD Penting Bagi Perusahaan? (Part 1)

Bagi perusahaan, Human Resources Departemen atau HRD merupakan salah satu bagian yang menjadi pilar penting dalam menjaga keutuhan, kelancaran dan keefektifan proses bisnis perusahaan. Sesuai dengan namanya, secara singkat fungsi utama HRD adalah mengelola, mengatur, mengembangkan segala hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Sekaligus mengelola hubungan antara perusahaan dengan pekerja, atau juga mengelola hubungan antara pekerja dengan pekerja lainnya di dalam perusahaan.

Biasanya dulu seseorang yang ada di dalam divisi HR adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan psikologi atau hukum tetapi sekarang, praktisi HRD bisa berasal dari berbagai latar belakang disiplin ilmu.

Terkait dengan salah satu fungsi HRD, jika seseorang ingin di tempatkan di dalam HRD, diharapkan orang tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam hal interaksi dengan karyawan lain serta memiliki kemampuan sebagai penghubung atau jembatan antara perusahaan dengan para karyawan.

Oleh karena HRD memiliki kewajiban mengelola dan mengatur semua Sumber Daya Manusia yang ada, maka biasanya HRD memiliki kewenangan yang bisa dikatakan cukup tinggi di dalam perusahaan. Apa saja tanggung jawab HRD terhadap perusahaan? Berikut yang biasnya HRD trainer jelaskan.

Perencanaan

Salah satu tanggung jawab HRD adalah perencanaan. Perencanaan yang menjadi tanggung jawab HRD adalah adanya perencanaan yang baik untuk semua bisnis proses HR, seperti misalnya HR Planning, Recruitment, Performance Management, Training & Development, Compensation & Benefit, Industrial Relation, Administration. Semua aktifitas tersebut perlu perencanaan yang baik. Setiap aktifitas tersebut harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari form, surat, working instruction, Procedure, policy dan sebagainya.

#hrdtrainer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *