Mengapa Cewek Suka Gossip?

“Sstt…sudah dengar belum?”, “Please, ini untuk kamu saja lho ya, jangan kasih tahu siapa-siapa…!” atau “Mau dengar berita terbaru soal dia nggak?”. Begitulah, kalimat-kalimat yang demikian, selalu menggoda Anda untuk mulai pasang kuping baik-baik. Dan setelah mendengar dengan penuh ketakjuban, keheranan ataupun kejengkelan, maka Anda pun menimpali, “Saya emang udah curiga kok, soalnya….”. Atau begini, “Wah, itu mah udah basi beritanya. Nih, aku ceritain yang terbaru…”. Begitulah, suatu pembicaraan terus berlanjut, bisa selama beberapa menit hingga berjam-jam. Itulah gossip!

Menurut definsinya, gossip diartikan sebagai obrolan secara tertulis atau verbal tentang sesuatu yang pribadi menyangkut seseorang, baik itu betul-betul fakta maupun cuma rumornya saja. Jadi, pada dasarnya gossip tidaklah selalu romor belaka. Kadang, dibalik gossip memang ada kenyataannya. Misalkan saja, gossip soal Putri Diana dan pangeran Charles yang pisah ranjang sudah lama beredar di internet, sebelum akhirnya mereka mengumumkan perceraian mereka. Dan bicara soal gossip, ceweklah yang selalu jadi jagoannya. Bahkan, sebuah survey yang dilakukan di Inggris baru-baru ini, yang dipublikasikan oleh Daily Mail bulan Agustus 2011 menyebut cewek menghabiskan rata-rata 5 jam sehari untuk gossip! Wow! Juga dikatakan setiap hari, rata-rata cewek menghabiskan 17 menit ngbrol dulu, sebelum mereka betul-betul memulai pekerjaannya. Apa iya?

Cowok Juga Gossip Kok

Namun, sebelum terjebak lebih jauh dengan mengatakan cewek adalah tukang gossip, bagaimanakah dengan pria? Suatu penelitian oleh Social Issues Research Center mengatakan wanita habiskan 67% dari waktunya untuk gossip, tetapi pria juga menghabiskan sekitar 55% dari waktunya untuk gossip sesame pria. Jadi, sebenarnya perbedaan waktu gossip antara pria dan wanita tidaklah berbeda jauh. Hanya saja, penelitian tentang apa sih yang dgossipkan sama wanita dan pria menunjukkan perbedaan. Laki-laki, biasanya banyak bicara soal kesuksesan, strategi, kerja, atau hobinya. Wanita agak beda. Dari survei diketahui bahwa isi gossipnya cewek, ternyata tidak jauh dari urusan shoping serta diet.Termasuk dalam urutan yang digossipkan adalah anak-anak, siapa pacaran dengan siapa, masalah orang hingga soal masalah dengan pasangan.

Mengapa Cewek Perlu Gossip?

Prof. John L. Locke, seorang profesor ahli linguistik, mengatakan bahwa kebiasaan gossip cewek ternyata ada hubungan dengan evolusi hidup manusia. Jadi, menurutnya sementara laki-laki berburu. Wanita, sejak dulu akan berada di rumah untuk menjaga dan merawat. Saat itulah, mereka butuh untuk memiliki kedekatan dan hubungan yang lebih baik dengan sesama wanita yang ada disana. Demikianlah, melalui gossip, mereka membangun hubungan dan kedekatan ini, hingga saat sekarang.

Bahkan, lebih menarik lagi dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas di Michigan terhadap 160 mahasiswi menunjukkan bahwa kecenderungan cewek untuk gossip ada hubungannya dengan kesehatan dan berkurangnya level stres mereka. Senuah penelitian dengan ekperimen, jelas-jelas menunjukkan bahwa pada saat cewek terlibat dalam gossip, ternyata hormon progesteron mereka meningkat drastis. Hormon inilah yang dinggap berperan besar tehadap berkurangnya level stres serta kecemasan dalam kehidupan seorang wanita.

5 Alasan Utama Cewek Suka Gossip

Pertama, gossip saling mendekatkan. Salah satu ciri, kedekatan antar wanita bisa dilihat dari gossip yang mereka lakukan. Untuk mencerita gossip tertenyu, dibutuhkan level kedetakan dan kepercayaan. Karena itulah, gossip membuat dua hati yang terlibat, menjadi lebih dekat.

Kedua, bagi cewek, melalui gossiplah mereka memaknai dan belajar apa yang terjadi. Misalkan, umpamanya, saat baru saja ribut dengan mertua. Pada saat digossipkan, akan ada tanggapan serta masukan dari teman-temannya yang membuatnya lebih memahami apa yang terjadi.Begitu pula dengan berbagai kejadian dan peristiwa yang mereka alami.Dengan cara gossip, cewek yang lebih ‘polos’ soal pengalaman yang terjadi seringkali diajar, dikasih tahu bahkan dibimbing.

Ketiga, gossip meringankan beban perasaan. Misalkan saja seorang cewek yang baru aja melewati hari yang tidak menyenangkan di kantor. Atau, cewek yang baru saja ditinggal pacarnya krena direbut wanita lain. Ternyata, lewat gossip hal itu bisa meredakan emosi ataupun perasaan yang dialami saat itu. Ini pula yang menjelaskan, mengapa gossip bagi wanita pun bisa mengurangi stress mereka sehari-hari.

Keempat, gossip memberi kesempatan membangun networkng. Lihatlah betapa cepatnya dua wanita yang sebelumnya tidak saling mengenal menjadi dekat gara-gara menggossipkan hal yang sama. Atau lihatlah betapa makin akrabnya wanita-wanita yang hobi mengossipkan hal yang sama. “Kedekatan (bonding )melalui gossip itu luar biasa”, kata Rosemarry Black penulis Hibrid Mom. Bahkan, beberapa wanita sengaja menebarkan gossip untuk menaikkan popularitas dan penerimaan dirinya.

Akhirnya, kelima, gossip menjadi semacam katarsis atau pelarian dari kepenatan. Gossip adalah pembicaraan yang ringan. Setelah bekerja dan penuh kesibukan, bagi cewek gossip adalah pelarian yang menyenangkan. Sambil minum teh, kopi dan duduk bersama, gossip biasanya juga menemani mereka melewati waktu santai yang menyenangkan.

Tapi, sebelum kita akhiri, apapun manfaatnya, Anda harus tetap berhati-hati dengan gossip! Awal tahun ini di Ghana tepatnya 11/2/2012, seorang wanita bernama Ramatu Musah (32) membunuh temannya hanya gara-gara sebuah gossip yang beredar. Jadi, yang penting untuk diingat, gossip memang menyenangkan. Tetapi, apa yang menyenangkan bagi kita, janganlah sampai harus dibayar atas kerugian orang lain. Dan tatkala gossip telah beredar, tidak akan bisa ditarik kembali. Jadi, memang harus hati-hati!

 

Tips Gossip Secara Sehat!

  • Ketika membicarakan sesuatu ataupun seseorang, fokuskanlah pada pembelajarannya. Lebih baik tanyakan: apa yang bisa diambil hikmahnya buat kita? Ada gunanya buat kita? Apa yang bisa kita pelajari dari kejadian ini?
  • Tetaplah netral, jangan memprovokasi perasaan yang semakin negatif. Misalkan teman Anda baru merantemdengan mertua. Kasih komentar yang netral, jangan membakar amarahnya dan sikap-sikap negatif lainnya.
  • Jangan terlalu yakin, apalagi kalau belum dicek kebenarannya. Misalkan pernah terjadi dengan semangat seorang rekan saya menginterupsi pertemuan dengan berita seorang pembawa acara yang meninggal. Yang menceritakan begitu yakinnya. Ujung-ujungnya tenyata itu rumor dan yang menceritakanpun jadi harus minta maaf dan menanngung malu. Kalau memang belum dicek dan belum yakin katakanlah, “Saya baca di ini sih kalau isinya…. Bener nggak ya?”
  • Jangan menambah bumbu ataupun karangan yang justru semakin memperburuk atau situasi menjadi semakin keruh. Kalau berita yang Anda dengar hanya dari A sampai C. Jangan tambah dengan D,E,F,dst hasil karangan And.
  • Biasakan gossip positif. Gossip positif adalah gossip yang membicarakan soal kebaikan orang, kesuksesan orang. Juga bisa berarti gossip soal tips dan nasihat yang lebih baik.Misalkan, kenapa dia bisa tampil lebih cantik, kenapa anaknya bisa juara, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *