Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Memiliki karyawan sendiri tetap harus dapat bekerja sama dengan orang-orang di lingkungan kerja. Perusahaan akan menjadi seperti mesin yang diberikan pelumas jika kita menciptakan hubungan positif dengan sesama kolega dan rekan kerja. Inilah yang kemudian menjadi perhatian para HRD trainer untuk dapat diaplikasikan dengan baik.

Pertama adalah mengembangkan attitude yang positif. Jika kita sebagai seorang pemilik bisnis, rekan kerja dan karyawan akan melihat kita sebagai seorang panutan dalam bisnis dan lingkungan kerja. Sebuah attitude yang positif merupakan kunci untuk menyenangkan dan membuat kenyamanan pada lingkungan kerja. Sebuah attitude yang positif atau negatif dapat memberitahukan kepada pelanggan tentang bisnis kita. Maka hal ini akan sangat berpengaruh terhadap respon mereka. Jika attitude yang ditangkap adalah attitude positif, mereka tentu tidak segan untuk melakukan bisnis dengan Anda. Mereka dapat mengetahui jika segala sesuatunya baik, dan mereka juga dapat mengetahui bila ada yang tidak baik.

Setiap orang yang bekerja bersama berhak mendapatkan rasa hormat. Bahkan ketika terdapat perbedaan pendapat sekalipun. Cobalah untuk melihat kembali satu per satu anggota tim sebagai bagian terpenting dalam organisasi. Hormati jika mereka memiliki opini yang berbeda dan cara mereka melihat dari sudut pandang mereka sendiri. Rasa hormat ini akan terus berkembang menjadi sebuah kepercayaan dan kerjasama tim yang akan membuat bisnis menjadi lebih baik.

Komunikasi yang efektif juga wajib dilakukan. Kita harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Sehingga apa yang menjadi keinginan dan harapan mereka dapat kita tangkap dan mengerti. Sehingga kita dapat menentukan langkah yang tepat untuk membuat mereka lebih nyaman dalam bekerja.

#hrdtrainer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *