Mencairkan Suasana Kerja dengan Makan Bersama

Salah satu cara diplomasi yang paling efektif untuk menjangkau semua lapisan adalah dengan cara mengajak makan siang atau makan malam bersama. Bahkan dalam budaya Eropa, jika seorang perempuan sudah mengajak pasangannya makan malam artinya ia sudah siap melanjutkan ke jenjang yang lebih serius lagi. Sedangkan dalam budaya Indonesia, sudah selayaknya seorang tamu diberikan sajian makan siang semata-mata demi penghormatan.

Nah, salah satu budaya satu ini dapat kita adopsi di kantor kita dengan tujuan untuk semakin mengakrabkan hubungan kerja dan juga mencairkan suasana kerja. Tekanan demi tekanan sangat mungkin membuat beberapa gesekan diantara pekerja, maka perlu adanya sarana untuk mencairkan suasana tersebut agar lebih membaur.

Makan bersama satu bulan sekali dan makan-makan traktiran saat ada yang berulang tahun mungkin dapat menjadi sarana tersebut. Mungkin untuk yang kedua juga jadi budaya yang serupa di kantor-kantor lainnya. Tidak menutup kemungkinan karena jumlah karyawan yang semakin bertambah, traktiran bisa dirapel dan ongkos makan-makan jadi bisa lebih hemat karena bisa patungan.

Dengan adanya patungan tersebut porsi traktiran bisa jadi lebih banyak. Kita bisa bersama tim kita punya budaya makan bersama untuk mencairkan suasana. Biasanya saat momen makan bersama inilah kita bisa ngobrol hal lain selain tentang pekerjaan. Dengan cara ini suasana diharapkan menjadi cair dan semakin akrab. Ada cerita lucu, cerita sehari-hari yang tidak diketahui dalam obrolan di kantor. Hal itu tentu dapat membuat suasana lebih akrab. Beberapa kali kita bisa keluar untuk makan bersama terutama saat gajian, namun ada momen dimana kita juga bisa bersama-sama makan di kantor seperti saat semua karyawan membawa bekal, jajan rujak bareng hingga jajan gorengan.  Salam HRD training Indonesia.

#hrdtrainingindonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *