Seminar “Mengelola Kecerdasan Emosional Pasien HD” RS Borromeus Bandung, 16 Juli 2017

Bagaimana rasanya ketika tiba-tiba dokter memvonis kita dengan keputusan untuk cuci darah seumur hidup? Tentunya, ini bukanlah hal yang gampang. Setiap minggu secara rutin, dua hingga tiga kali sehari yang lamanya 4-5 lima jam harus ditemani oleh mesin pencuci darah. Tak mengherankan jika, menjadi pasien HD (hemodialisis) membuat banyak pasien rentan stress dan cenderung sangat sensitif bahkan emosional. Dan permasalahannya, jika secara media, para pasien dan keluarga bisa berkonsultasi dengan tim dokter, kemanakah mereka berkonsultasi jika ada masalah psikologis?

Untuk itulah, selama setengah hari di RS Borromeus sebagai salah satu RS terkemuka di Bandung, diadakanlah seminar bertema “Mengelola Kecerdasan Emosional Pasien HD (Hemodialisis)”. Seminar ini dibawakan oleh Master Trainer EQ Bp. Anthony Dio Martin dari HR Excellency bersama-sama dengan salah satu ahli ginjal terkemuka di Indonesia, Prof. Dr. dr. Rully M.A. Roesli Sp.PD-KGH.

Dalam seminar yang mengharukan ini, para pasien GGT (Gagal Ginjal Terminal) juga berkesempatan mengemukakan pendapat serta idenya. Beberapa diantara bahkan membuat pembicara turut meneteskan air mata keharuan, khususnya tatkala pasien berbicara soal apreasiasi mereka kepada keluarga yang dengan setia menemani dan memahami mereka. Para pasienpun berterima kasih atas isi materi dan kesempatan mendengarkan seminar motivasi yang inspiratif dan berharga ini. Dan ruangan Aula RS Borromeus di Lt 7 ini pun dipenuhi oleh para pasien serta keluarganya. Bahkan, beberapa pasien tampak tetap semangat meskipun menggunakan kursi roda dan ada pula yang masih menggunakan tabung oksigen dipandu oleh tim perawat yang ramah dan cekatan.

Atas terselenggaranya, acara ini pihak pasien dan keluarganya amat berterima kasih dengan tim Consumer Intensive Care (CIC) PT Combiphar serta tim panitia yang terdiri dari para perawat dari Unit hemodialisis di RS Borromeus Bandung.  Terima kasih atas kerjasama dan kesempatan untuk memberikan inspirasi luar biasa bagi para pasien penderita gagal ginjal!

Semoga para pasien menerapkan pula tips akhir khususnya dari Prof. Rully Roesli yakni menjadi pasien yang 4S: Sabar, Semangat, Sembahyang (tetap Berdoa), serta Sehat (Tidak Sembuh, Tapi Sehat).


EQ Parenting Seminar, Hotel Santika Premier, Jakarta 21 Juni 2017

EQ Parenting seminar kali ini dikhususkan untuk para orang tua yang mengikutkan anaknya di EQM Youth Camp HR Excellency. Jadi sambil menunggu anak-anak mereka balik ke Jakarta, para orang tua diberikan seminar oleh Master Trainer EQ, Bp. Anthonty Dio Martin. Maksudnya biar orang tua ga buta-buta amat ama apa yang anak-anaknya dapetin di EQM Youth Camp. Bahkan ga cuman ngomongin soal materi yang anak-anaknya dapetin di sana tapi mereka juga dapat testimonial dari trainer dalam hal ini Ibu Dian Mardi L. Riupassa tentang anak-anak mereka yang tidak jarang membuat mereka menangis karna bangga. Dalam EQ Parenting Seminar yang dijalankan di Hotel Santika pada tanggal 21 Juni ini, orang tua juga mendapatkan tips bagaimana cara melakukan pendampingan yang efektif bagi anak mereka untuk mendapatkan hasil lebih dan perubahan yang lebih nyata saat anak-anak kembali berada di lingkungannya sehari-hari yaitu keluarganya. Tentunya yang diharapkan para orang tua mendidik dengan EQ tinggi pastinya. Dan suasana haru pun terjadi saat orang tua dipertemukan dengan anaknya melalui sebuah ceremonial dimana anak secara pribadi dan tulus mengungkapkan perasaan terima kasihnya ke orang tua dengan cara mereka yang unik. Semuanya diwarnai dengan pelukan tulus dan tangis. Kami yang liat pun ampe terharu. Terbersit dibenak kami seuntai doa, semoga ini menjadi sebuah moment yang tak terlupakan tuk keluarga mereka. Kebahagiaan mereka memang harapan kami. Semoga hubungan mereka makin erat satu sama lain. Aminnn...


HR Excellency EQM Youth Camp Angkatan 17, 3G Resort, Gadog, Bogor, 19-21 Juni 2017

EQM Youth Camp (Kecerdasan Emosional Bagi Anak Muda) merupakan salah satu program yang berbeda dari program lainnya. Karena program ini lah satu-satunya program yang dirancang untuk Anak Remaja KELAS 7 SMP – 12 SMA serta dilaksanakan dalam bentuk Camp. Tapi bukan camp yang menggunakan tenda loah (Soalnya banyak ortu yang suka berpikir seperti itu). Camp yang kita adakan 3 hari ini dari tanggal 19-21 Juni 2017 kali ini dilaksanakan di 3G Resort, Gadog, Bogor. Dan ini sudah angkatan yang ke 17 loah. Angkatan kali ini diikuti 29 peserta.

Kenapa harus ngadain program tuk anak remaja? Ya, seperti contoh yang mungkin seringkali Anda dengar, “Kalau pohon itu masih muda maka gampang untuk dibengkokkan dan diatur. Tetapi kalau sudah tua, mau dibengkokkan bagaimanapun akan susah. Salah-salah, justru jadi patah.” Selain itu makin ke sini kita makin sering mendengar kasus dikalangan remaja yang semakin heboh baik dalam hal kriminalitas maupun angka bunuh diri yang memprihatinkan kami dan tentu saja para orang tua. Itu sebabnya selain kemampuan akademik (IQ), remaja juga harus bisa mengimbangi dengan kecerdasan emosional (EQ) serta kecerdasan menghadapi tatangan (AQ) yang penting bagi masa depan remaja saat ini! Celakanya di sekolah remaja lebih banyak disibukkan dengan mata pelajaran, gimana dengan pengembangan karakternya? Nah itulah sebabnya kami pun mengadakan program ini mengingat Kecerdasan Emosional (EQ) ini sendiri adalah salah satu program andalan kami baik secara Public maupun In-House untuk orang dewasa. Mengapa tidak untuk remaja?! Dan program ini pun selalu mendapatkan sambutan yang luar biasa. Program ini pun menjadi program yang “Fun” & bikin “Happy ”. Gimana tidak? Yang kami hadapi anak-anak remaja semua bo... (Makanya tulisan kali ini pun lebih menggunakan bahasanya remaja. Bahasa Gaulll... ).

Tuntutan jaman, lingkungan, serta situasi yang menawarkan banyak pilihan yang bisa menjerumuskan anak-anaknya ke pergaulan yang salah atau sebaliknya kecenderungan penyendiri yang terus berkutat dengan benda mati salah satunya online game menjadi kekhawatiran para orang tua dengan kondisi perkembangan emosional anaknya. Kalau di sekolah anak bisa menjadi korban Bully atau malah sebaliknya menjadi pelaku. Tentu saja harapan mereka anak-anaknya bisa lebih mandiri dan bijaksana dalam menghadapi berbagai problematika hidup.

Kalau dari penjelasan diatas sih kesannya camp ini bakal jadi camp yang bakal membosankan tuk para remaja itu karena isinya pasti full dengan N A S E H A T! Eitsss... jangan salah. Buat kami anak remaja dah kenyang ama yang namanya nasehat. Makanya camp ini kami kemas sedemikian rupa sebagai wadah para remaja untuk meng-eksplor dirinya sendiri terutama soal emosi. Metode kreatif dengan experiential inspiration, fun games, dan simulasi dari para Master Trainer EQ Indonesia dalam hal ini Max Sandy dan Dian M.L. Riupassa membuat para peserta menjalani setiap pembelajaran tanpa merasa bosan apalagi di gurui. Kata mereka sih banyak inspirasi yang mereka dapatkan dan membuat pikiran mereka lebih terbuka. Terutama untuk mengenali dirinya sendiri dan memahami orang sekitarnya. Mereka ngerasa punya solusi tuk ngadepin orang tua yang kadang-kadang dimata mereka sulit untuk dimengerti begitu juga ama lingkungan pergaulan mereka yang belum tentu bisa menerima mereka dengan baik. Ga puas dengan materi dan curhat di kelas??? Mereka masih bisa curhat lebih dalam lagi di luar kelas tentang perasaan ataupun permasalahan mereka karena masing-masing remaja mendapatkan pendampingan khusus dari para trainer dan konselor handal HR Excellency.

3 hari yang pada awalnya dianggap mereka kelamaan jadi kurang buat para remaja-remaja itu. Soalnya di sini mereka ga cuman dapat kakak-kakak baru tapi juga punya teman-teman baru. Yang biasanya ga punya teman sekarang punya orang yang memperhatikan mereka. Yang dasarnya dah gaul tambah happy lagi dong punya teman yang banyak n asyik-asyik. Makanya setelah smua rangkaian camp selesai biasanya mereka masih berlama-lama ngumpul ama teman-temannya. Kalo ga dipaksa orang tuanya tuk pulang, ga bakal pulang-pulang kali. Hahaha... begitulah remaja.

Akhirnya EQM Youth Camp HR Excellency Angkatan 17 yang diadakan pada tgl 19-21 Juni 2017, di 3G Resort, Gadog, Bogor ini pun selesai sudah. Tapi ini cuman tuk sesaat saja kok. Soalnya setelah ini mereka masih bisa ketemuan lagi karna program ini program yang berkelanjutan. Next... Tim HR Excellency bakal ngadain acara Gathering untuk adik-adik EQM Youth Camp Angkatan 17 yang pastinya bakal heboh. Gimana ngga, mereka ga cuman bakal ketemu teman-teman se angkatan tapi juga seluruh angkatan EQM Youth Camp loah!!! Eittt itu di luar kumpul-kumpul spontanitas yang suka dilakukan adik-adik sendiri loh ya. So... nantikan cerita kami selanjutnya!!!

 
No Nama Kesan/Pesan
1 Tiffany Adora Tjhin Pertama kali, sejujurnya saya mengikuti EQ Camp ini bukan dari kemauan saya sendiri. Tetapi setelah sudah mengikuti camp ini, saya sangat termotivasi. Kakak-kakak disini sudah mengajarkan dan mencerahkan saya dari bermacam aspek kehidupan. Kakak – kakak pengajar disini juga sangat ramah dan sabar. Saya kira disini akan tidak menyenangkan tetapi ternyata salah total. Terima kasih EQM!
2 Tasya Adora Tjhin Di EQM kita belajar bagaimana mengendalikan emosi dan yang lainnya. Disini juga bisa mendapatkan teman baru. Temannya juga friendly semua. Pas malam-malam berenang itu yang paling seru. Thanks EQM.  
3 Vania Valencia Gunawan Pertama saya gak mau ikut camp ini tapi saya dipaksa dibilangin ortu udah dibayar jadi harus ikut. Jadi yam au gak mau saya ikut dan perasaan saya ikut camp ini ya senang. Temannya friendly semua, gamenya seru-seru, dan dapat banyak pelajaran yang saya rasa bisa ngubah hidup saya menjadi lebih baik. Dan saya berterima kasih kepada orang tua saya yang sudah paksa saya untuk masuk EQM Camp ini.
4 Matea Tanliya Putri Di camp EQM ini saya belajar banyak tentang diri saya dan juga orang lain. Tentang emosi, kepribadian, ketakutan, perasaan, penjelasan ilmiah, dan lain-lain. Belajar disini juga dilaksanakan dengan bermain dengan aktivitas fisik yang mudah diingat. Penyampaian dan interaksi kakak pembina juga sudah cukup baik serta membantu. Saya harap camp ini dapat terlaksana dan mendidik lebih banyak orang terus. Terima kasih.
5 Michael Evan Sutanto Saya bisa bersosialisasi lebih dan menambah hal baru.
6 Kenny Darin Kusnadi EQM Youth Camp adalah camp yang membuat pandangan kamu secara emosional meningkat. Hal yang mereka sharing sangat unik, menarik, dan aktivitasnya sangat menyenangkan. Gak nyesal ikut di EQM Youth Camp ini.
7 Muhammad Farhat Sofyansyah
8 Brenda Odelia Yang aku dapat dari camp ini adalah betapa pentingnya emosi (EQ) daripada kepintaran (IQ). Para pembina menunjukka kami orang-orang pintar (bahkan ada yang paling pintar dimuka bumi) dan di akhir-akhirnya mereka tidak ada hasil karena kepintaran emosi mereka kurang. Dunia bukan untuk yang pintar, dunia itu untuk yang terus mencoba & pantang menyerah.
9 Quilla Miranda Sitinjak Orang-orangnya ramah, pengajar menyampaikan sesi dengan baik, tempatnya bagus, gak menyesal ikut camp ini.
10 Cornelius Leonard Winata Selama camp ini saya belajar tentang guna EQ dan teori-teori yang bersangkutan tentang psikologi.
11 Yovita Levania Acaranya seru! Banyak teman baru. Pelajarannya sangat berguna bagi masa depan. Pembimbingnya menyampaikan materinya sangat baik dan jelas. Pokoknya seru banget deh!!! Pembimbingnya juga mengajarkan kita menjadi lebih dewasa dan berkualitas serta berguna bagi dunia.
12 Georgia Ryan I am very happy to be able to join and have completed EQM Youth Camp as it have taught me how to manage my emotions, a lot of new information about the brain. The training have also been very fun and also all the trainers is very nice and funny too making the sessions very interesting and fun. I have really enjoyed being in this camp. Thank you.
13 Geraldi Ryan Amaxing. It touches me emotionally and it makes me realize that the fragility of humans are very precious and EQM has provided me a havenm where a can be comfortable with a group of people facing similar probloems. Thank you for your hardwork. Thank you so much.
14 Dearen Hippy Membuat saya termotivasi dan mendapat banyak sekali ilmu tentang dunia psikologi.
15 Darren Hastabrata
16 Nicholas Arthur Harijanto Oke 10/10. Mau EQM Yourt Camp again tahun depan jadi fasil.
17 Nicholas Jimmy Alden
18 Ivanka Deviyanti EQM benar-benar seru! Kenal teman-teman baru yang asik. Rasa percaya diri juga nambah setelah ikut EQM Youth Camp!
19 Rafaelle Richel Pearl Terima kasih EQM sudah membantu saya menjadi individual yang lebih dewasa dan bijak.
20 George Dio Martin
21 Jason Virgo Saya gak pernah nyangka camp bakal seseru ini. Bener-bener out of my mind. 3 hari temenan dengan orang yang belum kita kenal sama sekali dan kita sudah seperti keluarga. Saya sendiri pribadi sangat merasakan efeknya. Semoga kedepannya EQM Youth Camp dapat selalu motivasi remaja-remaja kedepannya. Good luck & thank  you.
22 Jasen Virgo Jadi kesan & pesan saya tentang EQM Youth Camp ini adalah saya bisa belajar banyak hal yang selama ini belom pernah saya rasakan, tau dan praktekkan. Ketemu banyak teman-teman baru yang baik dan seru. Pesan saya, kalau bisa / punya kesempatan lagi untuk ikut camp ini, saya bakal ikut lagi karena saya dapat banyak pelajaran-pelajaran baru. Thank you.
23 Justin Virgo Semenjak saya ikut EQM saya dapat bersosialisasi lebih baik bersama orang lain.
24 Florence Mariebelle Lourdes Waktu pertama kali datang gw itu sebel banget karena dipaksa sama ortu. Tapi ternyata seru banget kegiatannya. Teman-teman barunya seru-seru semua. Kakak-kakak panitianya juga lucu dan fun. Ga  nyesel deh ikut!!
25 Matt Benjamin Sepang Saya dapat improve kemampuan saya dalam bersosialisasi.
26 Grace Thea EQM Seru banget!! Kesel, marah, seneng bareng-bareng.
27 Meilani Theana Sebelum aku masuk EQQM aku adalah orang yang gak bisa nunjukin diri dan sifat ku sebenarnya aku yang tidak terbuka adalah sosok yang menjadi orang berbeda. Namun ketika aku mengikuti EQM aku mulai terbuka untuk bisa menerima diriku yang apa adanya.
28 Tiara Natasha Dalam EQM Camp ini saya bisa belajar hal yang baru dan lebih tahu dengan emosi kita. Saya merasa lebih bisa mengendalikan emosi saya. Saya juga bisa bertemu dengan banyak teman. Disini ada banyak games yang menarik dan sekaligus bisa mengajar kecerdasan emosi. Kebanyakan pengajarannya menggunakan perumpamaan. Camp ini bisa membuat saya lebih mengenal diri sendiri. Ini sangat bagus untuk diikuti remaja. Kita bisa menjadi lebih menghargai dan lebih hangat kepada orang. Overall sangat bagus dan patut diikuti.
29 Tiffara Ikut camp ini tuh pengalaman yang gak akan terlupakan, karena setiap ajaran yang diberikan itu sangat bermakna dalam kehidupan. Ada kakak-kakak yang ngajar, ada fasil yang membawakan sharing kelompok juga ada temen-temen baru yang gak mungkin didapetin ditempat lain.
 

Emotional Quality Management HR Excellency Public Workshop Batch 57, Jakarta 18-19 Mei 2017

Emotional Quality Management Workshop yang sering disingkat EQM merupakan salah satu program andalan HR Excellency yang banyak diminati. Tanya kenapa? Karena banyak masalah emosi yang dari waktu ke waktu, tidaklah menjadi semakin mudah tapi justru makin kompleks dan membuat orang lebih mudah menjadi stres. Karena itulah, dibutuhkan kecerdasan emosi untuk bisa mengelolanya terutama mengelola energi. Pengelolaan energi yang baik akan mempengaruhi pengelolaan emosi seseorang dan ujung-ujungnya berefek pada pengelolaan kualitas hidup tiap individu. Dalam EQM semua materi tentang Kecerdasan Emosi dikupas tuntas oleh para Master Trainer EQ yang mengajar. Tentu saja ini akan melatih kemampuan para peserta menjadi pribadi yang lebih CERDAS EMOSI di kantor dan dalam keluarga.

EQM Workshop kali ini adalah workshop public HR Excellency yang ke 57 dan diadakan di Grand Mercure Hayam Wuruk Jakarta. Workshop yang diikuti 27 peserta ini menjadi sangat hidup karena kemajemukan latar belakang perusahaan maupun bidang kerja setiap peserta. Partisipasi aktif serta sharing pengalaman dari para peserta membuat materi yang disampaikan pun menjadi lebih membumi dan aktual.  Mampu menjawab kebutuhan peserta terutama menghadapi permasalahan emosi pribadi mereka baik di tempat kerja maupun di rumah. Ditambah dengan kemampuan mengajar dari para Master Trainer EQ di HR Excellency: Anthony Dio Martin, Max Sandy serta Dian M L Riupassa yang luar biasa energik pembawaannya. Peserta pun merasakan bahwa dalam hal konsep, ide, aplikasinya mereka mendapatkan pemahamannya yang bagus, namun di sisi lain metode pembawaan yang kaya dalam pelatihan ini, membuat suasana pembelajaran menjadi amat menyenangkan. Hal inilah yang diakui oleh rata-rata peserta di bagian akhir acara, dimana mereka merasa terbuka pikirannya, sangat terinpirasi, bersemangat dan optimis untuk menjalani langkah-langkah mereka kedepan. Akhir kata… “Make a big changes with EQ, keep the spirit, and see you in the next program!”


Workshop 2 Hari “EQ for Leader” BCA Finance, Jakarta 16-17 Mei 2017

Sudah menjadi agenda rutin bagi HR BCA Finance untuk mengadakan program Basic Management Course (BMC) untuk para leadersnya. Diantara program-program lain, EQ for Leader menjadi salah satu program wajib yang diberikan sebagai materi pengembang soft skill-nya. EQ for Leader ini bertujuan melatih para branch manager dengan skills dan kemampuan Kecerdasan Emosional yang baik. Kali ini EQ for Leader diadakan tanggal 16-17 Mei 2017 di Kantor Pusat BCA Finance di wilayah Pondok Indah, Jakarta. Workshop yang diikuti 25 peserta ini berjalan dengan sangat baik. Peserta merasakan banyak manfaat yang mereka dapatkan selama 2 hari workshop berlangsung terutama bagi mereka yang banyak berinteraksi baik dengan klien maupun tim-nya di cabang masing-masing. Meningkatkan likeability factor menjadi salah satu tips yang dirasakan penting untuk mereka yang bergerak dibidang jasa financing. Dan masih banyak lagi tips lain yang membuat para peserta mendapatkan solusi terbaik untuk menjawab permasalahan-permasalahan di lapangan yang berkaitan dengan kompetensi EQ mereka.

Pemaparan materi yang dalam tapi tetap mudah di pahami dengan suasana fun dan penuh semangat membuat para peserta tetap fokus dan dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para trainer handal HR Excellency dalam hal ini Anthony Dio Martin, Max Sandy & Dian M. L. Riupassa dengan sangat baik. Bahkan dikatakan, rasa ngantuk yang biasanya muncul saat workshop karena pembawaan trainernya yang monoton, tidak dirasakan di workshop ini. Hal ini tak lepas dari upaya dari tim trainer HR Excellency untuk mengemas setiap materi dan menciptakan metode pembelajaran yang tetap aplikatif namun menyenangkan. Dengan demikian, kami berharap tidak ada satu pun materi yang terlewatkan dan menginginkan apa yang telah dipelajari bisa jadi bekal bagi para leader untuk semakin ‘Cerdas Emosi’ saat kembali ke cabangnya masing-masing. Ayo, tunjukkan semangatmu leaders!!!


Workshop 1 Hari “EQ at Work” Kalbe Nutritionals, Sentul 16 Mei 2017

“EQ at Work” (Kecerdasan Emosional  di Tempat Kerja) kembali menjadi salah satu pelatihan yang diberikan dalam rangkaian Leadership Development Program untuk para Branch Head dan Business Representative Kalbe Nutritionals. Kerjasama pelatihan yang dilakukan untuk keenam kalinya ini diikuti 25 peserta yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Pelatihan yang berlangsung 1 hari full di GDW Hotel & Cottage, Sentul tanggal 16 Mei ini dirasakan sangat bermanfaat dan membantu para peserta untuk bisa menjadi leader yang lebih bijak dengan kompetensi EQ yang baik. Tentunya EQ yang baik sangat diperlukan dalam membangun tim dan menangani konflik interpersonal.

Dengan gaya pengajaran yang komunikatif, dinamis, atraktif, fun dan inspiratif dari Max Sandy dan Dian M. L. Riupassa  sebagai trainer membuat peserta terkesan. Perhatian mereka dengan setiap materi yang diberikan pun tetap terjaga sehingga pesan yang diajarkan lewat setiap materi terserap dengan baik. Bahkan  salah satu peserta berkomentar bahwa materi ini membuatnya merasa ini sebagai titik balik untuknya agar lebih fokus pada hal-hal yang positif daripada emosi negatif yang selama ini membuatnya menjadi galau berkepanjangan. Hanya satu pesan dan harapan kami, tetap tunjukkan semangatmu tidak hanya di saat training saja karena pembuktian di tempat kerja, sesungguhnya jauh lebih penting. Berbagai materi dan tips sangatlah cukup menjadi bekal, tinggal dipraktekkan. Selamat menjadi pribadi “High EQ” di dunia kerja. Team Leadership Development Program Kalbe Nutritionals Batch 9:  "Be a high EQ Person!"

 

Seminar World Lupus Day 10 Mei 2017 “Pain Is Inevitable, Suffering Is Optional” di RS Sardjito Yogyakarta

Lupus? Apa yang kita ketahui soal Lupus. Kebanyakan orang yang ditanya, tidak memiliki pengetahuan apapun soal Lupus. Padahal Lupus termasuk salah satu penyakit autoimun yang cukup banyak terjadi. Dan hingga sekarangpun, belum ada obatnya sama sekali.  Di Indonesia, angka statistik menunjukkan penderitanya telah mencapai sekitar puluhan ribu orang. Tentunya, ini angka yang cukup besar mengingat banyak orang yang tidak tahu menahu soal penyakit ini. Sementara, penderita penyakit Lupus ini ada yang menjadi depresi dan merasa “tidak berguna” setelah mendapatkan penyakit ini.

Karena itulah, dalam rangka menyambut hari Lupus Sedunia yang jatuh di tanggal 10 Mei 2016. Para komunitas Lupus di Yogyakarta bekerjasama dengan para dokter penyakit dalam di RS Sardjito Yogyakarta, serta disupport oleh tim Combiphar, menyelenggarakan peringatan hari Lupus sedunia yang dilanjutkan dengan Seminar motivasi untuk para penderita Lupus yang dibawakan oleh Bp.Anthony Dio Martin. Acara seminar tersebut berlangsung di Ruang Diklat Utama di Geduang Diklat RS Sardjito Yogyakarta. Para penyandang Lupus atau yang biasa disebut Odapus (Orang dengan Lupus) di komunitas Yogyakarta menyambut antusias acara ini. Bahkan, banyak diantaranya tidak pernah mendapat pembekalan sesi motivasi seperti ini, mereka pun jadi merasa sangat terbantu. Intinya, para penderita Lupus bukan saja perlu menjaga kesehatan fisiknya, tetapi juga mental emosionalnya. Pada sore harinya, juga diadakan Motivasi Radiotalk di SmartFM Yogyakarta yang menghadirkan Bp. Anthony Dio Martin, Ibu Titiek Sri Hendarti sebagai VP Merketing Combiphar serta Ibu Anindita dari Komunitas Lupus Worrior Yogyakarta. Rencananya, acara ini juga masih akan berlanjut di Bandung dan Jakarta. Semoga saja sesuai dengan tema motivasinya, khususnya para Odapus, “Menjadi sakit adalah sesuatu yang tak terhindari, tetapi apakah harus menderita karenanya, itu adalah soal pilihan!”.

Emotional Quality Management Workshop Bank DBS, Jakarta 8-9 Mei 2017 di DBS Tower, Jakarta

Bank DBS salah satu bank yang sangat peduli terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia-nya. Itu sebabnya setiap tahun Bank DBS bekejasama dengan HR Excellency untuk mengadakan workshop bagi para karyawannya. Salah satunya Emotional Quality Management Workshop yang disingkat EQM.  Mengapa EQ penting? Salah satu alasannya, karena pintar di bidangnya saja tidak cukup jika ingin meningkatkan karir di bidang apapun. Dibutuhkan kecakapan dalam mengatur diri sendiri dan orang lain. EQ memampukan peserta untuk lebih fleksibel dan berinteraksi dan bekerjasama dengan rekan kerja, bawahan, atasan, maupun pelanggan. EQ yang rendah terkadang membuat peserta menjadi  cenderung memaksakan kehendak saat jadi atasan, dan susah diatur saat menjadi bawahan.

Di training 2 hari ini, para peserta mendapatkan berbagai macam tips praktis yang bisa membantu peserta dalam mengelola beban kerja, stres serta pengenalian dirinya yang tentu saja menjadi kunci keberhasilan dan efektivitas dalam bekerja. Kali ini peserta di inspirasi oleh 2 Master Trainer HRE, dalam hal ini Max Sandy dan Dian. M. L. Riupassa. Metode serta gaya pengajaran para trainer HR Excellency yang didukung dengan content-content terbaik tentang EQ mampu membuat para peserta terus bersemangat dan ikut berinteraksi aktif mengikuti EQM Workshop yang diadakan selama 2 hari, dari tanggal 8-9 Mei 2017 di DBS Tower Jakarta ini.

Sejauh ini peserta benar-benar bisa merasakan manfaatnya terutama dalam memberikan semangat, wawasan dan solusi baru dalam menghadapi masalah-masalah emosi yang sedang dihadapi ataupun nantinya akan dihadapi peserta saat kembali menjalani rutinitas kerjanya. Peserta juga merasa terbantu dengan pendampingan personal oleh para konselor dan coach profesional sehingga pertanyaan-pertanyaan yang tidak sempat dibahas di kelas bisa mereka tanyakan berkaitan dengan stamina level serta nilai EQ mereka. Pembelajaran ditutup dengan tantangan yang tak akan pernah dilupakan peserta. Sebuah pengingat akan besarnya kekuatan emosi bagi kesuksesan mereka melewati tantangan hidup. So, beenthusiasticand a highEQperson all!!!

 

Workshop 2 Hari “EQ at Work” untuk Supervisor Permata Hijau Group (PHG) Angkatan VI, Royal Suites Condotel Medan, 5-6 Mei 2017

Program 2 Hari "EQ at Work" untuk Tim Permata Hijau Group berlangsung kembali. Tanpa terasa program ini sudah berlangsung 6 angkatan. Setelah semua direksi dan manager mengikuti program ini di angkatan sebelumnya, kali ini program ini diperuntukkan untuk level supervisor. Program yang berlangsung dari tanggal 5-6 Mei 2017 di Royal Suites Condotel, Medan ini diikuti hampir 40 peserta. Dan semua peserta menunjukkan antusiasmenya selama program berlangsung. Bahkan yang kondisi fisiknya kurang sehat pun tetap memutuskan untuk mengikuti program hingga tuntas karena sejak awal ia merasakan manfaat besar dari program ini untuk membuat hari-harinya di dunia kerja lebih menyenangkan untuk dijalani. Namun diluar itu manfaat yang sama juga bisa dirasakannya untuk kehidupan pribadinya. Dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang terjadi di kehidupan pribadi sedikit banyak mempengaruhi kehidupan kerja dan sebaliknya.

Program EQ at Work diharapkan bisa membantu menyeimbangkan kehidupan para peserta dan membuat hidup lebih bahagia dan produktif pastinya. Dari program ini peserta termotivasi untuk mengembangkan kompetensi EQ mereka baik secara INTRAPERSONAL maupun INTERPERSONAL. Berbagai teori praktis mendasar serta tips praktis yang disajikan membuat para peserta merasa sangat perlu dan sangat mungkin untuk mengelola emosinya dan menggunakan emosinya sebagai tenaga yang konstruktif dan bukan destruktif. Semua materi bisa begitu menginspirasi karena semua materi diramu dan dipresentasikan dengan metode yang sangat kaya sehingga tidak membosankan, applicable, efektif, efisien dan FUN oleh Master Trainer EQ dari HR Excellency, Anthony Dio Martin dan Max Sandy. Ini juga didukung dengan keterbukaan pikiran para peserta dengan program ini. Dan pada akhirnya selalu mengharapkan program 2 hari ini tidak hanya menginspirasi para peserta disaat program berlangsung tapi justru apa yang didapatkan dipraktekkan di kehidupan kerja mereka. Pertarungan sejati peserta justru dimulai saat mereka pulang dirumah dan terutama saat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya di dunia kerja. Satu pesan dan harapan terakhir… Be a success & happy person with a high EQ!


Seminar Publik “Selling with EQ” 28 April 2017 kerjasama dengan SmartFM Yogyakarta di Hotel Eastparc Yogyakarta

Dalam rangka setahun hadirnya SmartFM di Yogyakarta, maka public di Yogyakarta dirasakan perlu lebih diakrabkan dengan hadirnya Radio SmartFM sebagai radio “Bisnis dan Inspirasi” satu-satunya di Yogyakarta. Karena itulah, SmartFM Yogyakarta kali ini mengajak Bp Anthony Dio Martin sebagai salah satu narasumber tetap di jaringan radio SmartFM yang secara rutin tiap Selasa malam membawakan topik “Smart Emotion” untuk memberikan seminar publiknya. Kali ini, topik yang dipilih adalah topik yang terkait dengan ilmu penjualan yakni “Selling with EQ” (Menjual Dengan Kecerdasan Emosi). Acara seminar ini berlangsung secara meriah dan antusias di Hotel Eastparc Yogyakarta.

Acara ini dibuka oleh Bp Benni Listyo sebagai pimpinan SmartFM Yogyakarta serta dihadiri lebih dari 140 peserta yang datang dari berbagai latar belakang. Lalu, dengan gayanya yang antusias dan menarik, Bp Anthony Dio Martin lantas mengajak peserta yang hadir untuk memahami apakah yang disebut dengan menjual dengan Kecerdasan Emosi itu. Supaya tidak bosan, peserta pun diajak belajar dengan melakukan berbagai permainan eksperiential yang menyimpulkan makna dari penjualan dengan menggunakan emosi yang cerdas tersebut. Di akhir acara peserta pun mendapat kesempatan untuk melakukan tanya jawab serta mengungkapkan pengalamannya terkait dengan penjualan yang pernah dialami mereka. Tak lupa seminar ini juga diberikan kesimpulan oleh Ibu Magdalena Sukartono yang turut memberikan testimonial dan pengalamannya sebagai trainer dan konsultan senior dalam mempraktekkan ilmu menjual dengan EQ. Dan di akhir acara inipun, tampak peserta merasa mendapatkan banyak tips dan masukan terkait dengan seni menjual yang mengandalkan interaksi positif ini. Semoga apa yang diperoleh dalam seminar ini dapat diterapkan dalam aktivitas menjual setiap harinya!


“Seminar “Becoming A Star Leader & Employee” Utama Group Tanggal 22 April 2017 di Gedung Sixteen8, Semarang

Apa jadinya jika 500 karyawan dari berbagai anak perusahaan dikumpulkan jadi satu dan diberikan motivasi? Hasilnya tentu saja karyawan yang luar biasa! Itulah yang terjadi pada tanggal 22 April 2017. Selama setengah hari, tim leader dan karyawan Utama Group yang terdiri dari beberapa anak perusahaan yang sebagian besar merupakan Koperasi Simpan Pinjam dan Bank Perkreditan Rakyat, diantaranya: BPR Gunung Rizki, Kospin Sekartama, BPR Dana Berkah, Kospin Cipta Dana, BPR Tayu Duta Persada, dll berkumpul dan diberikan motivasi pengembangan diri. Pertemuan yang dilakukan dari tgl 22-23 April ini diberi nama INSAVAGANZA 2017 dengan mengusung tema: REACH HIGHER (Menjangkau lebih!). Selain mendapatkan materi soal outlook ekonomi Indonesia 2017 serta upate hal-hal yang teknis, mereka pun diberikan motivasi setengah hari oleh Bp. Anthony Dio Martin.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Sixteen8 Semarang ini, para peserta yang sangat antusias mendapatkan siraman motivasi soal bagaimana menjadi seorang karyawan seorang pimpinan yang STAR. Dalam definisnya Pak Anthony Dio Martin mengajarkan STAR sebagai akronim dari Supportive Attitude, Take Action, Anticipate Need, serta Result Oriented. Selain itu, dalam seminar ini juga diberikan bekal bagaimana caranya agar pimpinan Utama Group tidak gampang terjenak di dalam comfort zone mereka karena kesuksesan yang telah dicapai. Tentunya para karyawan pun belajar 7 disiplin penting menjadi karyawan STAR. Tak lupa di akhir acara Bp Kristian Hardianto sebagai founder dan pimpinan Group Utama juga memberikan pesan pentingnya penerapan tips-tips bermanfaat yang diterima selama seminar yang berlangsung sangat meriah ini. Kita doakan…Group Utama, semoga makin eksis di masa mendatang!


Emotional Quality Management at Work , Jababeka Group, Cikarang 12-13 April 2017

Emotional Quality Management at Work kembali diadakan untuk Jababeka Group. Training yang diperuntukkan untuk para pimpinan dan staff dari berbagai bisnis group Jababeka ini berlangsung pada tanggal 12-13 April 2017 di Hotel President Executive Club - Jababeka Cikarang. Pada kali ini, ada 32 peserta yang mengikuti training ini. Antusiasme peserta sejak awal training ini pun terlihat dengan jelas lewat interaksi positif para peserta dengan para trainer yang mengajar. Metode pengajaran dari para trainer, dalam hal ini Anthony Dio Martin dan Max Sandy, yang fun dan interaktif membuat para peserta merasa proses belajarnya menjadi sangat menyenangkan. Apalagi ditambah dengan ilustrasi dan contoh-contoh nyata dari para trainer yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari baik di kantor maupun di rumah. Hal ini membuat mereka sangat terinspirasi dan termotivasi. Selain itu, masing-masing peserta pun mendapatkan kesempatan coaching hasil tes EQ dan PAS (Personality Analysis System) terkait isu-isu personal yang mereka hadapi dengan para fasilitator berpengalaman dari HR Excellency.

Seperti kata pepatah, “We can’t stop the wave but we can learn to surf” (Kita tidak bisa menghentikan gelombang yang akan terjadi tapi kita bisa belajar berselancar di atasnya). Berbagai tips praktis yang diberikan cukup menjadi bekal buat mereka untuk bisa berselancar dalam gelombang pekerjaan yang mungkin akan dihadapi. Tentu saja kami sangat berharap bahwa komitmen pribadi itu tidak hanya berhenti hanya di angan-angan saja. Semoga semuanya benar-benar diterapkan saat kembali ke tempat kerja mereka masing-masing. Tetap antusias dan penuh semangat dengan EQ yang tinggi untuk para leader dan staff di Jababeka!!!


“Coaching & Counseling for Leader Workshop PHG” di JW Marriott Hotel, Medan 7-8 April 2017

‘Coaching Counseling for Leader Workshop’ menjadi salah satu program yang sangat dibutuhkan para leader karena semua hal tentang ide 'Pengembangan Orang' yang menjadi Kompetensi Kepemimpinan dipelajari disini! Permata Hijau Group (PHG) sebagai salah satu perusahaan kelapa sawit terkemuka menyadari akan pentingnya pengembangan SDM yang berkualitas untuk bisa membuat perusahaan ini semakin mengemuka dengan produk yang berkualitas. Dan di sisi lain, demi kemajuan perusahaan, pengembangan organisasi juga membutuhkan pengembangan orang-orangnya sehingga dibutuhkan leader sejati yang peduli dengan orang-orangnya. Bukan kuna sekedar boss. Untuk itulah, manajemen PHG kemudian memberikan kepercayaan yang baru lagi kepada HR Excellency untuk men-sharing-kan materi Coaching Counseling kepada para leadernya.

Untuk batch pertama ini, ada 30 leader yang menjadi peserta, baik itu para pemimpin kebun, pemimpin pabrik, manager bahkan direksi. Workshop yang bertempat di Ruang Oregon, JW Marriott Hotels, Medan ini diadakan selama 2 hari dari tanggal 7-8 April 2017. Workshop ini sendiri dibawakan oleh Master Trainer HR Excellency yaitu Anthony Dio Martin & Max Sandy, serta difasilitasi Rudy Thamrin dan Dian M. L. Riupassa. Kualitas para master trainer HR Excellency yang diramu dengan materi aplikatif dan dibawakan dengan fun namun tetap mendalam membuat para peserta bisa merasakan manfaat workshop ini. Berbagai tools yang disampaikan dan dijelaskan dengan lengkap dan terperinci ini mampu membuat para peserta terbuka pikirannya untuk mempraktikkan Coaching Counseling ke para bawahannya sebagai bagian dari mengasah kemampuannya serta membuat dirinya dan bawahan bisa menjadi pemimpin yang lebih baik. Dalam hal ini belajar untuk menjadi seorang Leader dan bukan Boss bagi bawahannya dengan melihat potensi-potensinya, serta fokus melakukan pengembangan terhadap area-area yang masih perlu dikembangkan anak buahnya. Tidak cukup dengan itu saja, para leader pun dimotivasi untuk belajar memberikan apresiasi kepada bawahan yang sudah menunjukkan hasil kerja yang baik. Mengapa ini penting, karena seringkali hal ini lupa dilakukan seorang pemimpin dan ini justru membuat mereka kehilangan orang-orang potensial mereka. Tentu saja ini akan berpengaruh pada organisasi.

Semoga semua bekal yang diberikan baik lewat pemaparan materi, contoh-contoh kasus dan roleplay yang dilakukan membuat peserta akhirnya menemukan dan lebih jelas tentang “How to Do”-nya dan menerapkannya dalam kerja mereka, bahkan menjadi model bagi para bawahannya untuk melakukan proses coaching counseling ke bawahannya lagi. Selamat menerapkan Couching Counseling para Leader PHG!


Workshop “HR for Non HR Manager” PT Kalbe Nutritionals Indonesia, 29-30 Maret 2017 di Pabrik Kalbe Nutritionals-Karawang

Sungguh sebuah kebanggaan bagi kami Tim HR Excellency karena diberikan kesempatan untuk membagikan passion dan spirit HR kepada para leader dan line manager yang berada di naungan PT Kalbe Nutritionals. Program ini diberikan dengan tujuan utama: supayapara leaders bisa mengelola SDM yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan lebih baik. Boleh dikata, semua manager, secara tidak langsung adalah HR Manager (Every manager is an HR manager). Namun tidak semua leader benar-benar paham tentang proses kerja HR di perusahaan. Padahal, seni mengelola orang, yang menjadi falsafah HR, mau tidak mau harus mereka kuasai pula, saat mereka diangkat menjadi seorang leader. Itu sebabnya manajemen PT Kalbe Nutritionals pun memilih topik HR for Non HR Manager untuk 24 leader-nya. Training yang dilaksanakan dari tanggal 29-30 Maret 2017 ini diadakan di Pabrik PT Kalbe Nutritionals Indonesia, Karawang. Ada pun Master Trainer yang men-sharing-kan materi dalam training ini adalah Anthony Dio Martin dan Max Sandy. Dengan gaya pendekatan mereka yang antusias dan fun pun mampu membuat bonding antara peserta dan para master trainer yang mengajar pun terlihat sangat baik. Ditambah dengan isi materi yang dalam dan disertai sharing pengalaman ataupun contoh kasus membuat peserta pun menjadi lebih mudah untuk memahami setiap bagiannya.

Seperti diketahui, ke depannya tantangan pekerjaan para leader ini tidaklah makin mudah. Harapannya, dengan bekal ilmu ke-HRD-an akan semakin mengoptimalikan peran mereka dalam hal memotivasi diri dan bawahan. Termasuk pula tentunya dalam membimbing dan mengarahkan bawahan. Materi yang dibagikan dalam program ini banyak berisi tips praktis ke-HRD-an yang bisa diterapkan mereka dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang seringkali mereka hadapi di lapangan, baik yang berkaitan dengan proses pengelolaan SDM, mulai dari recruitment, renumerasi, development, sampai PHK, akan membuat perusahaan semakin sehat dan efektif. Dan diakhir training, masing-masing peserta pun pulang dengan Noble Goal (Tujuan Mulia) pribadinya tentu saja yang mengarahkan pada tujuan bersama agar para peserta bisa menjadi people manager yang lebih baik. Dengan demikian, mereka pun akan menjadi partner bisnis yang suportif bukan hanya ke atasan saja, tapi terutama ke para karyawan di bawahnya. Remember... "Every manager is an HR Manager"!


“Workshop ‘EQ At Work’ PT Emerio Indonesia”, Jakarta 23-24 Maret 2017

EQ At Work PT Emerio Indonesia, kembali diadakan untuk batch kedua.Workshop 2 hari ini berlangsung pada tanggal 23-24 Maret 2017 di The Grove Suites. Training 2 hari ini sangat menginspirasi para peserta terutama karena metode pembelajarannya yang variatif dan praktis namun mendalam yang dibawakan olehMax Sandy dan Dian M. L. Riupassa, para Master EQ Trainer HR Excellency. Apalagi kepada peserta diberikan kesempatan untuk bisa berinteraksi secara personal dengan para konselor handal dari HR Excellency sehingga mereka lebih leluasa untuk bisa berkonsultasi tentang masalah emosi yang sedang dihadapi mereka yang berpengaruh pada stamina levelnya.

Melalui pembelajaran tentang kecerdasan emosi ini para peserta pun menyadari akan besarnya peranan emosi terhadap kebahagiaan dan kesuksesan mereka khususnya dalam berkarir. Bagi seorang pemimpin, emosi mempengaruhi perintah, keputusan, dan kebijaksanaan yang akan dibuatnya, termasuk interaksinya dengan bawahannya.Terlebih lagi dikarenakan tugas keseharian mereka di bidang jasa yang banyak berhubungan dengan orang lain tentu saja tidak hanya menuntut mereka cerdas secara intelektual di bidang IT, tapi juga butuh EQ untuk bisa bersikap fleksibel dalam menghadapi klien. Namun tentunya ini hanya bisa dilakukan jika mereka bisa mengelola emosi itu dengan baik. Maka berbagai tips yang diberikan para Master Trainer pun menginspirasi peserta untuk menjalankan tugas kesehariannya dengan cerdas emosi.

Tidak hanya ingin membuat para peserta terinspirasi saja maka tim pun memberikan kejutan di akhir acara dengan sebuah aktivitas yang meyakinkan peserta akan kemampuannya yang melebihi gambaran mereka selama ini. Peserta pun pulang dengan sebuah keyakinan dan semangat bahwa tantangan sebesar apapun di dunia kerja ataupun keluarga pasti bisa mereka hadapi. Tetap semangat dan tingkatkan terus EQ Anda para leaders!!!


“Trends Talent Management & Training Development” 17 Maret 2017 Jakarta Design Center

Bagaimana kalau orang-orang HR sudah berkumpul? Tentunya rame! Tapi, kali ini acaranya memang bukan sekedar kumpul-kumpul tapi tentunya yang juga mendidik sekaligus mencerahkan. Itulah yang dirasakan dalam acaranya HR Excellency – HR Updates di tahun 2017 ini. Acara ini tepatnya berlangsung pada hari Jumat, 17 Maret 2017 dari di Jakarta Design Center (JDC), Jakarta Pusat.

Acara yang sedianya hanya merupakan sharing di lingkungan terbatas (dengan klien-klien ekslusifnya HR Excellency dan MWS Indonesia), ternyata jadi full seat. Dari rencana 100 undangan, ternyata ruangan berkapasitas 200 orang di Jakarta Design Center pun tidak bisa menampung lagi. Dan banyak peserta yang ingin bergabung pun akhirnya dengan terpaksa tidak bisa diterima lagi (permintaan maaf dari panitia ya…). Dan permintaan pun muncul lagi, di tahun depan acara semacam ini bisa dilaksanakan dengan format ruangan yang lebih besar lagi (thanks untuk responnya ya dan hmm… bisa dipertimbangkan untuk tahun depan dengan ruangan lebih besar).

Acara pun dimulai dengan pengantar dari MCnya Bp (Om) Isnantyo Widodo yang seringkali memperkenalkan dirinya sebagai “Psychoclock”. Gaya santai dan interaktifnya Om Isnantyo turut membuat suasana acara sharing dan HR Updates ini menjadi menyenangkan dengan suasana kekeluargaan.

Dan tampil sebagai pemateri pertama adalah Bp. Irwan Amrun, Direktur LPT-UI (Lembaga Psikologi Terapan – Universitas Indonesia). Sebagai salah satu lembaga bergengsi yang banyak melakukan fungsi-fungsi assessment, talent mapping, dll sharing dari Bp. Irwan menjadi pembukaan yang menarik (baca: Ringkasan Sharing Bp. Irwan Amrun yang akan menyusul).

Setelah itu, dari sharing pun dilanjutkan oleh presentasi Bp. Max Sandy sebagai salah satu Master Trainer di HR Excellency dan MWS Indonesia yang memperkenalkan solusi-solusi yang diberikan oleh HR Excellency dan MWS Indonesia.

Dan terakhir, acara pun berlanjut dengan sharing dari Managing Director HR Excellency, Bp.Anthony Dio Martin yang membahas soal trend Training Development. Dalam sharingnya ini Bp.Anthony Dio Martin mensharingkan soal pengaruh munculnya generasi millennial serta pengaruhnya terhadap evolusi di dunia training (baca: Ringkasan Sharing Bp. Anthony Dio Martin yang juga akan menyusul).

Sebelum pulang, peserta pun sempat bertanya jawab, sharing dan tentunya mendapatkan ‘surprise’ kenang-kenangan berupa DVD training yang berjudul “Grow Your People, Grow Your Business” dengan harapan DVD tersebut bisa menjadi inspirasi bagi mereka untuk terus berkomitmen mengembangkan orang-orang di lingkungan kelembagaan mereka.

Dan dari peserta yang ditanya dan disurvei mengenai komentarnya, rata-rata mengucapkan terima kasih dan senang bisa hadir dalam event ini. Dan mereka pun berharap event seperti ini tetap dipertahankan terus di tahun-tahun berikutnya.

Tentunya, untuk kesuksesan acara ini, segenap panitia HR Excellency dan MWS Indonesia, harus berterima kasih pula kepada KPHRI (Komunitas Praktisi HR Indonesia) serta kelompok komunitas HR lainnya yakni FORMASI sekaligus juga kepada Kalbe Nutritionals maupun Karunia Promotion yang turut menjadi sponsor event yang sangat bermanfaat ini. Sampai berjumpa di event HR Excellency – MWS Indonesia berikutnya!

Ringkasan Sharing Bp. Irwan Amrun (Direktur LPT – UI): “Trent Talent Management”

  1. Talent yang sesungguhnya adalah : “they don’t just do their job but go above and beyond to contribute to the organization success”. Jadi tidak semua karyawan tergolong talent.
  2. Ada 2 Fit Test untuk melihat dinamika organisasi serta engagement karyawan. Pertama Fit test antara kebutuhan organisasi (ideal) dengan realitas perilaku yang ditunjukkan oleh organisasi. Fit test kedua, antara perilaku organisasi yang ditunjukkan dengan kenyataan orang-orang di organisasi.
  3. Tapi Fit Test terpenting untuk melihat dinamika individu adalah kesesuaian antara kebutuhan organisasi (mencakup: realitas organisasi, status individu itu di organisasi & agenda perusahaan bagi individu) serta kondisi riil si individu yang mencakup 3 hal: personality, personal ability serta personal agenda
  4. Talent Mapping adalah manajemen talenta berdasarkan dua hal: POTENTIAL (Potensi) & PERFORMANCE (Kinerja). Maka berdasarkan hal itu, karyawan bisa dibagi menjadi 9 grid (kotak). Mulai dari Low Performance – Low Potential hingga High Performance – High Potential
  5. POTENTIAL akan dilihat dari sisi apa? (1) Competence Proficiency; (2) Promotability; (3) Innovation & Product Development Potential; (4) Commitment to Stay; (5) Capacity to Grow
  6. PERFORMANCE akan dilihat dari unsur apakah? (1) Kreativitas; (2) Konsistensi; (3) Ketepatan dan Kecepatan; (4) Cara Mengerjakan; (5) Kontribusi; (6) Pengaruh bg perusahaan
  7. Mengukur Potential dengan: (1) Assessment : learning capacity, soft competency; (2) uji penguasaan ketrampilan
  8. Mengukur Performance dengan: (1) Penilaian Kinerja Tahunan; (2) Catatan Kinerja Khusus
  9. Manfaat Assessmen Psikologi ada 3: (1) Deskripsi; (2) Prediksi dan (3) Intervensi
  10. Hubungan antara Kompetensi dengan Kinerja? Ada 4 hal dari kompetensi kita yang akan berpengaruh pada kinerja yakni: (1) Apa yang Pernah dikerjakan; (2) Apa Yang Diketahui; (3) Kecakapan Apa Yang Dikuasai; (4) Bagaimana Karakteristik Kepribadian Orang tersebut? Inilah yang perlu diketahui dan digali dari seseorang
  11. Kompetensi itu mirip pemain sepak bola. Bagaimanakah seorang pemain sepak bola yang sukses? Dia butuh apa saja? Yang jelas (1) Teknikal Competence: bisa tackling bola, heading, shooting bola. (2) Behavior Competence: teamwork, punya inisiatif; (3) Organizational Knowledge berupa aturan-aturan FIFA, dll; (4). Kepribadiannya: sabar, antusias; (5) Job Exposure: pernah ikut tanding dimana saja?
  12. Arah Pengembangan ke depannya bagaimana? Salah satu yang sekarang ini sedang jadi sorotan adalah Adversary Mental untuk mengukur daya tahan seseorang. Ukurannya terdiri dari 3 hal: (1) toughness (kegigihannya dia untuk terus dan disiplin); (2) resilence (daya tahannya dia menghadapi kegagalan dan kesulitan); (3) flexibility (keluwesannya dia).
  13. People are not your important asset, the right people are. Jadi orang bukan lagi asset. Buat apa banyak orang tapi tidak bermanfaat?

Ringkasan Sharing Bp. Anthony Dio Martin (Managing Director HR Excellency – MWS Indonesia): “Trend Training & Development 2017”

  1. Teruslah belajar. Kalimat menarik dari alharhum Alvin Toffler sebagai salah satu furutist yang terkemuka “Buta huruf di abad ini bukan mereka yang tidak bisa baca tulis tapi yang tidak mau learn (belajar), re-learn (belajar lagi) dan un-learn (melupakan apa yang sudah tidak relevan lagi).
  2. Menghadapi 4 generasi yang sekarang ada di Indonesia. Generasi Baby Boomer: sebelum th 1970an. Gen X : 1970-1980. Gen Y: 1980 – 2000. Gen Z: setelah tahun 2000. Ada lagi Gen Alpha : setelah tahun 2010.
  3. Generasi setelah tahun 1980 ke atas atau para millennial memiliki cara dan kebiasaan belajar yang berbeda pula. Dan hal ini yang mempengaruhi trend training development ke depannya.
  4. 5 trend training dan development yang perlu di antisispasi: (1) edutainment makin digemari; (2) lebih disukai durasi yang semakin pendek, tapi berkesinambungan daripada yang panjang tapi sekali selesai; (3) lebih disukai yang tips dan aplikatif; (4) keterlibatan unsur-unsur emosi dalam pembelajaran; (5) trainer yang praktisi akan lebih disukai; (6) Harus tahu isu global, bertindak local tapi bisa menyentuh secara individual; (7) Teknologi makin akan banyak digunakan; (7.5) Data dan analisa data bagi praktisi training akan semakin dibutuhkan
  5. Riset oleh majalah Chief Learning Officer 2015-2016 masih menunjukkan bahwa dari ratusan perusahaan multinasional yang disurvei masih 87,6 % masih mengandalkan menggunakan ILT (instructor led training) saat ini, yakni training yang dipimpin oleh instruktur. Tapi banyak pula dari mereka yang mulai memadukannya dengan teknologi (74.3%), artinya blended system.
  6. Alasan pemilihan metode training di masa depan harus menjawab 4 hal penting dan inilah yang penting dijawab oleh training center ataupun perusahaan yang melaksanakan training: (1) transfer pengetahuan; (2) supaya bisa diakses - accessibility; (3) melihatkan peserta dalam sharing pembelajaran dan pengetahuan - engagement; (4) menjangkau peserta yang lebih banyak - scalability
  7. Trend yang tidak kalah pentinya: people analytics yakni penggabungan data dengan analisa. Ke depannya, peran HR (termasuk di bagian training) bukan lagi sekedar pengumpulan data tapi juga analisa data dari peserta dan program training
  8. Ada 4 level dalam pengumpulan data dan analisa di perusahaan. Inilah yang bisa jadi ukuran kondisi people analytics kita di organisasi. Level 1: operational reporting (hanya mengumpulkan dan melaporkan keadaan di perusahaan); Level 2: advanced reporting: melaporkan data-data lain yang lebih lengkap misal data competitor; Level 3: advanced analytic: menganalisa lebih jauh data-data yang ada serta memberikan kesimpulan; (4) Predictive analytics: melihat data dan membuat prediksi ke depan
  9. 5 kunci penting pembelajaran bagi training di masa depan: (1) Kembangkanlah internal trainer dengan lebih maksimal; (2) harus lebih adaptif dan beradaptasi dengan kaum millennial dalam proses pembelajaran; (3) Pikirkannya blended approach, yakni metode training yang lebih variasi dan merupakan gabungan; (4) Cobalah mulai menganalisa data-data training yang dimiliki saat ini; (5) suatu perubahan dan peningkatan di organisasi butuh training budget (dana).
  10. If you think training is expensive, think ignorance. Kalau kamu pikir training itu mahal, pikirkanlah apa yang terjadi kalau kita biarkan orang-orang kita dalam kondisi tetap tidak dikembangkan?Lebih mahal lagi! – Peter Drucker

"Coaching Counseling For Leader Workshop” Kalbe Nutritionals Angkatan V di Kalbis Institute, Jakarta 15-16 Maret 2017

Coaching Counseling for Leader Workshop menjadi salah satu program rutin yang diberikan bagi para leader di Kalbe Nutritionals setiap tahun. Program ini kembali di adakan dan kali ini untuk angkatan ke-5. Program yang berlangsung 2 hari dari tanggal 15 - 16 Maret 2017 diselenggarakan di Kalbis Institute Jakarta dan dihadiri 21 orang leader dari berbagai daerah di Indonesia. Dilangsungkan sebagai bagian dari pengembangan kompetensi leader karena berisikan banyak ide ‘Developing People (Pengembangan Orang)’ yang seringkali menjadi sumber kegagalan para leader yang tidak punya waktu untuk mengembangkan anak buah mereka. Padahal kemampuan mengidentifikasi dan mengembangkan anak buahnya, menentukan 75% sukses seorang pemimpin  (Aberdeen Group, 2005: Retention & Succession in the Corporate Workplace) dan pada gilirannya hal tersebut berdampak sekitar 30% terhadap kinerja mereka (Harvard Business School Review).

Pelatihan yang dibawakan oleh Master Trainer HR Excellency yaitu Anthony Dio Martin & Max Sandy, serta turut difasilitasi juga oleh Ibu Dian Mardi Leonora Riupassa dirasakan sangat bermanfaat bagi para peserta. Kualitas trainer yang diramu dengan materi aplikatif dan dibawakan dengan fun namun tetap mendalam membuat para peserta menyadari pentingnya mengembangkan dan membina anak buahnya. Berbagai tools yang diberikan dirasakan sangat membantu para peserta dalam mempraktekkan proses coaching dan counseling secara efektif. Toolsnya pun mudah untuk diaplikasikan. Apalagi Coaching Counseling for Leader Workshop ini dilengkapi dengan roleplay yang memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan feedback atau umpan balik langsung terkait dengan kemampuan dalam melakukan coaching dan counseling.

Pada akhirnya, sukses untuk para peserta Coaching Counseling for Leader Kalbe Nutritionals. Jadilah pemimpin yang efektif dan menginspirasi!


Workshop “Power Trainer In Action” Kalbe Morinaga Indonesia, Karawang, 8-10 Maret 2017

Pelatihan adalah kunci kemajuan. Intinya, pelatihan yang berkesinambungan merupakan salah satu hal yang mendorong percepatan perkembangan organisasi karena karyawan-karyawannya sudah terlatih. Untuk itu, butuh kekuatan dari para trainer internal untuk mewujudkannya. Namun tentu saja tidak mudah karena tidak hanya dibutuhkan keterampilan teknis mengajar yang baik, tapi juga muncul tuntutan internal trainer yang semakin profesional dalam memberikan training bagi para bawahan dan rekan kerjanya. Menyadari pentingnya hal ini maka dilaksanakanlah Training “The Power Trainer in Action” selama 3 hari, dari tanggal 8-10 Maret 2017. Training yang berlangsung di Pabrik PT. Kalbe Morinaga Indonesia – Karawang ini diikuti oleh 36 peserta dari berbagai departemen.

Lewat training ini peserta tidak hanya berlatih cara membuat materi yang menarik dan berkualitas tapi juga cara mengembangkan teknik mengajar yang fun, dahsyat dan menarik perhatian. Sebagus dan sepenting apapun isi materi tapi kalau di sampaikan dengan pendekatan yang salah membuat para pesertanya akan sulit untuk termotivasi. Berbagai tips diberikan para Master Trainer HR Excellency, Anthony Dio Martin & Max Sandy yang semuanya dipadukan dengan sangat menarik lewat proses quantum learning yang sistematis, terarah, kreatif dan fun tentunya. Selain itu, peserta juga dibantu dengan para fasilitator dari HR Excellency lainnya yakni Ibu Regina, Ibu Dian Mardi Leonora Riupassa serta Bp. Rudi Thamrin.  Tim Trainer KMI pun terlihat sangat antusias dan terinspirasi. Apalagi peserta pun dilengkapi dengan keterampilan acting class. Tidak cukup itu saja, masing-masing peserta harus mempraktekkan materi yang telah diterima lewat kontes mengajar di akhir sesi. Tentu saja feedback yang diberikan dari hasil mengajar mereka sangatlah membangun semangat mereka sekaligus membuat para peserta bisa menjadi trainer yang lebih percaya diri dalam menyampaikan materi dengan metode yang lebih interaktif.

Kalbe Morinaga, Let’s be a GREAT Trainer!


Leadership Managerial Quotient (LMQ) Workshop Angkatan XIX Matahari Department Store (MDS), Matahari Human Capital Center, Jakarta 6-7 Maret 2017

“Leadership is not a position or a title, it is action and example”. Tentunya tidak semua orang yang dipersiapkan untuk menjadi seorang pemimpin menyadari akan hal ini bahkan mampu melakukannya. Menyadari akan hal itu maka HRD Matahari Department Store pun memutuskan untuk memperlengkapi para calon Asistant Store Manager  lewat Career Development Program (CDP). Dan untuk CDP kali ini, merupakan CDP angkatan ke-19, yang diadakan di Matahari Department Store Human Capital Center.  Salah satunya yang menjadi bagian di program CDP tersebut adalah program 2 hari “Leadership Managerial Quotient” (LMQ) untuk mengembangkan kapasitas kepemimpinan bekerjasama dengan lembaga HR Excellency.

Melalui pembelajaran yang diberikan 2 Master Trainer HR Excellency, Anthony Dio Martin dan Max Sandy banyak penyadaran yang dirasakan peserta diantaranya berkaitan dengan  situasi dan  kondisi apa yang akan mereka hadapi, harus menjadi pemimpin seperti apa nantinya, serta bagaimana seharusnya mengarahkan dan mengembangkan potensi diri sendiri maupun orang lain. Salah satunya lewat tips, strategi dan teknik-teknik kepemimpinan yang didasarkan pada 5 pilar utama kepemimpinan hasil riset selama lebih dari 20 tahun di seluruh dunia yakni Exemplary Leader Kouzes-Possner. Tidak hanya materi yang teoritikal saja yang diberikan, peserta juga diajak menyelami kondisi nyata lewat permainan kelompok ataupun aktivitas pribadi yang penuh makna dan mendalam yang dibawakan dengan sangat baik oleh para Master Trainer.

Semoga semua pembelajaran yang telah didapatkan benar-benar bisa menjadi daya pendorong luar biasa bagi mereka untuk menghadapi tantangan di depan sehubungan dengan peningkatan karirnya. Lebih dari itu, peserta juga mau terus mengasah leadership skills-nya. Don’t just be a leader but be the best and inspiring leader!


Seminar “Sharing from The Leaders” 4 Maret 2017 di PPM School of Management, Jakarta

Teori, kadang harus dibarengi dengan praktek. Dengan bercermin dari pengalaman dan praktek, maka konsep dan teori menjadi ada maknanya. Dan itulah yang menjadi salah satu tantangan PPM sebagai salah satu sekolah manajemen untuk mengkombinasikan antara pembelajaran akademik dengan pengalaman di lapangan.

Kali ini, dimotori oleh para peserta anggota pendidikan MM-Executive ke 60 maka dilaksanakanlah acara “Sharing From The Leaders” tanggal 4 Maret 2017 di Exective Lounge PPM Building A. Salah satu pematerinya adalah Master Trainer HR Excellency, Bp. Anthony Dio Martin yang tampil berbicara bersama dengan para pembicara praktisi lainnya yakni: Bp. Chappy Hakim, Bp. Anggara Hans Prawira, Bp. Roedy Poerwanto serta Ibu Handriani Tjatur Setiowati. Di dalam seminarnya kali ini, Bp. Anthony Dio Martin membahas soal “Leading and Managing Training Center”.  Intinya, Bp. Anthony Dio Martin bicara soal trend training center, potret realita training center di Indonesia, serta bagaimana memimpin (leading) dan mengelola (managing) sebuah training center dengan rata-rata staf yang terdiri dari generasi millennial.

Dalam seminar yang dibawakan dengan santai dan menyenangkan ini, berlangsung pembelajaran yang fun sekaligus dialog menyenangkan antar pembicara-peserta. Semoga ini menjadi trend ke depan dimana sekolah bisnis mulai semakin memadukan pembelajaran akademik dengan sharing praktek riil di lapangan.


“Effective Paradigms for Effective People (EP4EP)” PT ITC Multi Finance di Grand Mercure, Jakarta, 2-3 Maret 2017

Gelombang perubahan ternyata tidak lagi mudah untuk diprediksi hanya berdasarkan analisa masa lalu (linear).  Faktanya, kecenderungan perubahan sekarang justru sudah berlipat ganda (eksponensial) dengan kecepatan yang luar biasa. Untuk itulah, dibutuhkan paradigma baru untuk bisa menghadapi kondisi ini jika tidak ingin tergilas oleh perubahan dan ditinggalkan. Training Effective Paradigms for Effective People (EP4EP) lah yang dianggap direksi PT Internusa Tribuana Citra Multi Finance menjadi pilihan yang paling tepat untuk menyiapkan para leader di perusahaan secara pribadi dan tim menghadapi tantangan kedepan ini.

Pelatihan yang berlangsung di Hotel Grand Mercure - Jakarta dari tanggal 2-3 Maret 2017 ini diikuti oleh 30 pemimpin dari level direktur hingga branch manager. Sebagaimana keyakinan dalam ilmu manajemen, “Dari proses yang baik, maka kita bisa mengharapkan hasil yang lebih baik” maka pelatihan ini pun menjadi sebuah kebutuhan penting untuk menciptakan proses kerja yang lebih baik. Dengan metode pengajaran para Master Trainer yang unik dan interaktif membuat suasana pembelajaran begitu menyenangkan dan fun. Banyaknya contoh-contoh kasus, aktivitas dan   games yang menginspirasi membuat para peserta semakin bersemangat untuk mengawali tahun ini dengan semangat baru, semangat perubahan yang dimulai dari mengubah karakter, kebiasaan dan pada akhirnya sikap kerja.

Training ini berhasil membuat peserta merasa di-refresh kembali semangatnya untuk memulai terobosan baru. Akhirnya, untuk tim leader ITC Multi Finance jangan lelah belajar dan membangun diri sebagai LEADER, inilah saatnya bagi ITC Multi Finance untuk tampil terdepan dan membuktikan lebih banyak. Jadilah pribadi dan tim yang efektif dengan satu tujuan menjadi mitra setia dalam mencapai gemilang, Tim Leader ITC Multi Finance. Be a professional team, to be number one!


“SEMINAR PUBLIK “EMPOWERED EMPLOYEE” & “POSITIVE MENTAL ATTITUDE” 1 MARET 2017 DI JAKARTA DESIGN CENTER

Berlangsung dinamis, meriah dan interaktif, akhirnya kelas perdana “MWS PUBLIC WORKSHOP” 2017 tuntas juga dilaksanakan tanggal 1 Maret 2017 di JDC Jakarta. Sebagaimana diketahui, MWS atau Mini Workshop Series adalah sister company dari HR Excellency.  Untuk informasih detilnya mengenai MWS dapat diakses di websitenya: www.mwsindonesia.com

Nah, tema seminar public yang dipilih kali ini adalah EMPOWERED EMPLOYEE sebagai sesi pertama, dan POSITIVE MENTAL ATTITUDE sebagai sesi kedua. Dikemas dalam bentuk  “TWO IN ONE POWERFUL WORKSHOP”, dua modul singkat ini dipadupadankan menjadi satu tema besar “Menjadi Karyawan yang berdaya dan bermental positif”. Karakteristik kelas-kelas MWS yang fun, energik, penuh aktivitas dan keterlibatan peserta sangat kental dalam workshop yang berlangsung lebih kurang 8 jam ini.

Siapa sih trainernya kali ini? Wow, BP. MAX SANDY! “Pantes aja kelas jadi heboh. Begitulah kalau masternya yang turun!” begitu komen salah satu peserta. Apalagi diisi oleh para peserta yang selalu bergemuruh, penuh antuisiasme untuk belajar. Kelas  menjadi begitu BERDAYA dan penuh aura POSITIF sehingga tak terasa materi yang aplikatif ini habis dilumat peserta dengan penuh semangat. Sensasi berdaya dan positifnya kelas ini patut dijadikan pemantik untuk kondisi berdaya ke depan yang lebih baik.

Banyak tips praktis yang disharingkan dalam workshop kali ini. Salah satu yang mengesan adalah bagaimana peserta diajak untuk berdaya dengan mengakses terus menerus sensasi sukses atau berdaya yang pernah dialami dalam hidupnya. Minimal kita menjadi percaya diri bahwa pernah menjadi orang yang benar-benar berdaya. Dan terutama menjadi berdaya dengan membuang semua pola pikir dan self talk negative. Ya, buang saja, artinya tidak usah dilanjutkan jika pikiran itu muncul. Isi kepala dengan hal-hal yang positif saja, karena memang pada kenyataannya hal-hal negatif itu membuat kita tak berdaya. (RT-MWS Indonesia)


“WORKSHOP KECERDASAN EMOSIONAL” Untuk PARA PEMIMPIN (EQ FOR LEADERS) PERMATA HIJAU GROUP, KOTA PINANG - SUMUT, 24-25 FEBRUARI 2017

Setelah berjalan 4 batch di tahun lalu yang diikuti direksi hingga level manajer, batch pertama Workshop Kecerdasan Emosi yang dikenal dengan nama EQM (Emotional Quality Management) untuk tahun ini pun dimulai kembali. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami Tim HR Excellency atas kepercayaan manajemen Permata Hijau Group untuk tetap menjalankan program ini dan kali ini mulai diberikan ke level Supervisor.

Workshop Kecerdasan Emosi yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2017 ini memiliki keunikan. Untuk pertama kalinya workshop dilaksanakan di site, salah satu perusahaan yang tergabung dalam Permata Hijau Group, dengan jumlah peserta yang lebih banyak dari biasanya. Workshop yang dilaksanakan di Aula PT Nubika Jaya, Kota Pinang, Sumut ini diikuti 41 peserta dari berbagai site.

Peserta terlihat sangat terkesan dengan Workshop Kecerdasan Emosi ini terutama dengan keunikan cara penyampaian materi para Master Trainer EQ dari HR Excellency yang tidak monoton namun tetap bisa menyampaikan semua materi dengan begitu jelas dan praktis. Melalui pembelajaran tentang kecerdasan emosi ini para peserta pun menyadari akan besarnya peranan emosi terhadap kebahagiaan dan kesuksesan mereka di tempat kerja. Terutama karena posisi para peserta yang secara langsung berkoordinasi dengan para staf di bawah dengan tingkah polah mereka yang unik. Dilain sisi, peserta pun dituntut untuk bisa dengan cepat mengikuti perubahan yang terjadi di dunia kerja dan lingkungan sekitarnya sehingga dibutuhkan sikap fleksibel dalam menghadapi perubahan itu. Tentunya ini bisa dilakukan jika mereka bisa mengelola emosinya dengan baik.

Lewat workshop ini peserta merasa ter “Recharged” kembali dan tertantang untuk bisa menerapkan tips-tips praktis yang sudah diterimanya di lingkungan kerja mereka.

Waktu berjalan sangat cepat dan tanpa terasa sudah berada dipenghujung dari workshop 2 hari ini. Namun seperti biasa, HR Excellency selalu ingin memastikan bahwa sebelum para peserta kembali ke lingkungan kerjanya, secara personal mereka sudah memiliki rasa percaya diri dan keteguhan hati untuk mengatasi segala rasa ketakutan mereka yang biasanya menjadi mental block-nya melalui sebuah tantangan di penghujung Workshop Kecerdasan Emosi. Pada akhirnya kami dari Tim HR Excellency ingin mengucapkan selamat membuktikan dan mengasah kemampuanmu dalam mengelola emosi di dunia nyata. Tak mudah namun pasti bisa!!!


HINO PLATINUM SEMINAR “GROW YOUR PEOPLE, GROW YOUR BUSINESS”, HOLIDAY INN SUNTER – JAKARTA, 24 FEBRUARI 2017

Bisnis otomotif berubah begitu cepatnya, khususnya di industri kendaraan truk. Persaingan pun makin meningkat karena Hino bukanlah satu-satunya pemain di bisnis ini. Meskipun nama Hino cukup diperhitungkan di industri ini namun seperti kata Marshall Goldsmith “What get you here, want get you there”. Itu artinya Hino harus terus menerus melakukan perubahan untuk mengikuti bahkan mendahului perubahan itu sendiri jika ingin terus bertahan. Menyadari bahwa kunci sukses utama bisnis bukan pada modal, produk dan teknologi tapi pada orangnya maka dalam Hino Platinum Seminar kali ini, materi pun difokuskan pada sisi manusianya, Man Power Management. Tema umum yang di pakai untuk acara ini adalah “Develop Trusted People’s As 1st Priority For Building Total Support Fundamental”. Secara khusus HR Excellency diminta untuk mengambil bagian dari rangkaian seminar ini selama setengah hari dengan tema khusus “Grow Your People, Grow Your Busniness”. Hino Platinum Seminar ini sendiri diikuti oleh 120-an peserta baik dari pihak Top Management PT Hino maupun Dealers Owner. Berlangsung tanggal 24 Februari 2017 di Ballroom Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta.

Bagian awal seminar dibawakan oleh Bp. Anthony Dio Martin dengan mengingatkan peserta akan pentingnya karyawan yang bagus untuk bias menjalankan bisnis secara bagus. Namun tentu saja tidaklah mudah untuk mempertahankan mereka terutama karena karyawan yang dihadapi para dealer owner saat ini adalah generasi yang berbeda dan disebut kaum milenial. Berbagai tips cara menjaga karyawan potensial pun diberikan kepada peserta yang tentu saja dengan cara terbaru dengan sudut pandang berbeda dengan dahulu. Teknik CARE yang menggunakan aspek EQ dalam menjaga karyawan menjadi salah satu solusi terbaik. Tentunya itu saja tidak cukup.

Peserta pun semakin terinspirasi setelah mendengarkan Executive Sharing Knowledge dari Ibu Alexandra Aprilina (HR Director Combiphar Indonesia) yang menceritakan bagaimana proses beliau membangun sistem rekrutmen, training, dan penghargaan karyawan di sebuah perusahaan keluarga dari yang dikelola tanpa sistem sama sekali menjadi sebuah perusahaan profesional dengan semangat “Business is PEOPLE”. Sistem yang mengantarkan Combiphar meraih Employers of Choice Award 2015 dari Majalah SWA dan Hay Group. Tips dan sharing yang diberikan membuat peserta pulang dengan sebuah keyakinan akan pentingnya membangun system yang berorientasi pada Man Power Management untuk menjaga kelangsungan bahkan semakin membawa dealer mereka ke titik puncak. Akhir kata, Grow Your People, Grow Your Business Leaders!


PUBLIC WORKSHOP “BECOMING A STAR EMPLOYEE” ANGKATAN II, JDC JAKARTA, 20 FEBRUARI 2017

HR Excellency kembali menyelenggarakan  Workshop “BECOMING A STAR EMPLOYEE”. Sebuah workshop yang kerap kali kami berikan untuk kelas inhouse, bahkan SERING DIBAWAKAN DI BERBAGAI ACARA SEMINAR INHOUSE YANG DURASINYA LEBIH PENDEK. Namun tentu saja tetap tidak bisa menjangkau lebih banyak orang dengan penjabaran yang lebih komprehensif. Untuk itu, workshop ini pun diberikan dengan menawarkan materi workshop yang sudah teruji, sistematis dan telah terbukti bisa membangun mental karyawan agar makin produktif dan berkontribusi. Workshop sehari ini sendiri diikuti oleh hampir 40 peserta dari berbagai perusahaan maupun pribadi, dari staff hingga  the owner. Ini yang justru membuat dinamika kelas ini menjadi lebih berwarna.

Bagaimana pun kesuksesan sebuah perusahaan tidak hanya terletak pada sistem dan gaya kepemimpinan yang efisien tapi juga pada seberapa besar kekuatan tim dengan PEMBERDAYAAN POTENSI YANG OPTIMAL DARI MASING-MASING INDIVIDU. Apalagi akhir-akhir ini tingkat persaingan di dunia bisnis sangatlah tinggi dengan tantangan perubahan yang semakin cepat. PRODUKTIVITAS, SEMANGAT KERJA SERTA OPTIMISME TINGGI SANGATLAH DIBUTUHKAN. Untuk itu lewat materi yang ada, peserta benar-benar disadarkan dan terinspirasi untuk bisa MERUBAH POLA PIKIR MEREKA DEMI PERUBAHAN POLA HASIL yang tidak hanya akan dirasakan oleh perusahaan saja tapi mereka secara individu. Peserta diingatkan untuk memiliki 6 MINDSET PRODUCTIVITY ACCELERATOR untuk meningkatkan daya produktivitas, 10 KEBIASAAN PENGHANCUR PRODUKTIVITAS yang perlu diwaspadai, TEKNIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SEBAGAI KARYAWAN, menerapkan HUKUM 10.000 JAM, termasuk TIPS SEDERHANA MENJAGA  MOOD di kantor, dll. Yang menarik pembelajaran DISAJIKAN DENGAN FUN DAN DIISI DENGAN HAL-HAL INSIGHTFUL SERTA BERBAGAI TIPS.

Pembelajaran yang dipimpin oleh Master Trainer Bp. Anthony Dio Martin serta Bp. Max Sandy ini sungguh memberikan inspirasi yang berharga kepada peserta untuk MEMBANGUN MENTAL YANG SEHAT DAN ANTUSIAS SERTA MENJADI KARYAWAN YANG SEMAKIN POSITIF, PRODUKTIF, TERUS MENERUS MELAKUKAN SELF IMPROVEMENT SERTA BERPRESTASI. Hal ini dinyatakan langsung oleh peserta lewat testimonial tertulis mereka yang berisi KOMENTAR POSITIF TENTANG BETAPA MEREKA TERINSPIRASI oleh workshop yang sungguh bermanfaat ini! Salah satu diantaranya menuliskan “Workshop ini membuat saya mengerti bahwa saya harus memiliki sense of belonging, think like an owner, fun at work, also smart to manage my emotional as a leader”. Semoga ini menjadi awal dari lahirnya para karyawan yang bukan hanya menjadi parasit ataupun benalu di organisasi tetapi bias memberikan kontribusinya yang maksimal dimanapun mereka ditempatkan. Tidak hanya itu saja tapi ini juga menjadi awal mula bagi para owner ataupun leader yang mengikuti workshop ini untuk lebih bersemangat untuk menjadikan para karyawannya menjadi STAR!


SEMINAR MOTIVASI “BECOMING A STAR EMPLOYEE” MAYBANK di HOTEL MERCURE ANCOL, JAKARTA 17 FEBRUARY 2017

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi kerja yang ditunjukkan karyawannya maka Maybank Indonesia pun membuat sebuah event besar, Maybank National Service Awards 2016/2017 untuk mencari para bintang dari seluruh Indonesia. Dan menjadi sebuah kebanggaan bagi kami HR Excellency karena diberikan kepercayaan untuk bisa turut mengambil bagian di  event besar ini dengan memberikan Seminar Motivasi “Becoming A Star Employee” secara khusus untuk perwakilan terbaik Tim Service dari bagian Teller, Customer Service Officer, Service Supervisor hingga Service Manager dari seluruh region di Indonesia. Tentu saja, materi ini dipilih karena dirasa sejalan dengan tema besar mereka “Passionately Creating Supreme Customer Experience MAYBANK”.

Seminar yang diikuti 46 peserta ini berlangsung di Ruang Nirwana, Hotel Mercure Ancol, tanggal 17 Februari 2017.  Seminar Motivasi yang dibawakan oleh Bp. Anthony Dio Martin ini bertujuan untuk lebih memberikan dorongan semangat kepada peserta agar kinerja baik yang sudah ditunjukkan mereka tidak hanya berhenti dilevel ini saja. Peserta ditantang untuk senantiasa menyiapkan diri terhadap tantangan perubahan yang akan selalu terjadi didepan dengan pola pikir yang positif dan antisipatif. Tips 7 Prinsip Sukses, berisikan mentalitas kerja yang harus dimiliki peserta menjadi modal inspirasi peserta dalam menjaga produktivitas, kontribusi peserta serta antusiasme mereka dalam menjalankan tugasnya. Tentu saja tidak hanya secara individual tapi harus bersama tim. Semoga dengan suntikan ‘motivasi’ yang luar biasa dari Bp. Anthony Dio Martin, Tim Service Nasional terbaik ini akan semakin ‘berjaya’. Be a Great Employee, always give a Great Service, for a Great Result Maybank Indonesia.


PFIZER SALES LEADERSHIP TEAM SESSION "TRANSFORMER 2", 10 FEBRUARI 2017 DI HOTEL SANTIKA PREMIERE SLIPI, JAKARTA

Agar suatu hasil sales bisa sukses, maka ada 3 komponen yang penting yakni: (1) People; (2) Process; (3) System.  Itulah yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan Pfizer selama lebih dari satu setengah abad berada di kancah bisnis farmasi. Karena itulah, di awal tahun ini, kembali para leader sales yang terdiri dari Sales Director termasuk Senior Manager dari berbagai regional berkumpul untuk mendengarkan serta menyusun strategi. Acara ini dimulai dari sharing oleh Bp. Anthony Dio Martin yang membagikan soal pentingnya memahami soal keyakinan akan produk (di tengah tantangan sistem kebijakan pemerintah dan kondisi yang cukup menantang kinerja sales perusahaan-perusahaan farmasi), plus kebiasaan yang perlu diubah.

Dalam acara yang bertempat di Hotel Santika Premiere Slipi ini, juga turut didengarkan komentar dari Anil Argilla sebagai Presdir Pfizer Indonesia serta masukan dari Satria Surjati sebagai Director Sales Pfizer Indonesia. Acara diakhiri dengan sesi brainstorming serta focus pada penentuan Key Success Area serta Champion Project untuk program Transformer 2 yang akan berlangsung sepanjang tahun 2017. Diharapkan bahwa program Transformer 2 yang akan didukung pula oleh tim HR Excellency akan turut menyukseskan sales Pfizer di tahun 2017. "Plan without action is only a dream. Action with plan is wasting time." Semoga action tim sales Pfizer di tahun 2017 akan membuahkan hasil yang nyata!


PROGRAM “EFFECTIVE PARADIGMS FOR EFFECTIVE LEADER” TEAM LEADER ALAM SUTERA, 2-3 FEBRUARI 2017

“Kecepatan seorang pemimpin adalah kecepatan timnya!”. Bicara soal properti di era sekarang adalah bicara soal turbulensi dan tantangan yang terus-menerus berubah. Itulah sebabnya, tim Alam Sutera sebagai salah satu perusahaan pengembang kawasan dan properti terkemuka di Indonesia, merasakan pentingnya untuk mengembangkan para leadernya secara berkesinambungan. Salah satunya, dengan membangun leader yang memiliki paradigma yang efektif. Hal ini dilakukan melalui program “Effective Paradigms for Effective Leader” yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 Februari 2017 di Alam Sutera Sport Center di kawasan Alam Sutera.

Sebagai langkah penting di awal tahun ini, pihak manajemen Alam Sutera memulai dengan membekali para pemimpin di Alam Sutera dengan 9 paradigma penting untuk menjadi leader yang efektif, termasuk diantaranya adalah paradigm TOTAL MASSIVE ACTION (menjadi pemimpin yang bukan hanya bicara tapi bertindak). Dalam program yang menanamkan soal mentalitas dasar dan membangun karakter dasar pemimpin ini, diharapkan leader di Alam Sutera menjadi role model untuk berbagai kompetensi yang sesuai dengan budaya di Alam Sutera misalkan sinergi, integritas, serta professional. Program ini diajar oleh 3 Master Trainer dari HR Excellency yakni: Bp.Anthony Dio Martin, Bp. Max Sandy serta Bp. Eko Cahyono Tjia. Dan setelah pelatihan, berbagai feedback yang positif diberikan oleh peserta termasuk diantaranya harapan bahwa pembelajaran ini tidak hanya berakhir di level mereka tetapi juga bisa dilanjutkan ke level dibawahnya. Semoga program ini semakin menginspirasi untuk menjadi leader yang semakin efektif dalam memimpin!


WORKSHOP “EQ FOR LEADER” PT EMERIO INDONESIA, JAKARTA 24-25 JANUARI 2017

Orang IT, EQ-nya jongkok? Itulah yang pernAh dituliskan di salah satu majalah. Karena itulah Emerio bertekad untuk membanun skill EQ bagi team mereka. Dan di akhir Januari ini telah berlangsung Workshop 2 hari "EQ for Leader" bagi team leader PT Emerio Indonesia, salah satu jasa consulting IT terkemuka di Asia. Workshop yang bertempat di JS Luwansa Hotel Jakarta ini diikuti sekitar 28 peserta, yang rata-rata adalah team leader serta project leader! Workshop ini dirasa perlu karena sebagai bagian dari perusahaan jasa consulting yang dalam pekerjaan sehari-hari harus berinteraksi dengan orang banyak baik secara internal dengan tim maupun eksternal dengan pihak klien, tentu saja tidak hanya membutuhkan kecerdasan di bidang ilmunya saja tapi juga membutuhkan kecerdasan dalam interaksi sosialnya serta kemampuan pribadi menangani beban kerja dan stres kerja. Itulah makna Kecerdasan Emosi dalam bekerja. Melalui workshop ini peserta benar-benar mendapatkan pencerahan, inpsirasi serta pemahaman soal aplikasi Kecerdasan Emosional dari tim trainer EQ HR Excellency dalam hal ini Bp. Anthony Dio Martin dan Bp. Max Sandy. Dengan variatif metode pengajaran serta gaya penyampaian trainer yang mudah dipahami membuat peserta pun sangat puas. Hal ini tercermin dari komentar evaluasi peserta yang mengatakan, _“__Baru kali ini saya bias full fokus dan benar-benar tertarik!!__!__ Benar-benar Amazing!__”._ Semoga respon positif ini diikuti dengan penerapan langsung di dunia kerja mereka. So, untuk para peserta… Be a high EQ team leader!


WORKSHOP “EQ FOR LEADER” PERMATA HIJAU GROUP ANGKATAN IV Hotel JW Marriott, 2-3 Desember 2016

Permata Hijau Group (PHG) sebagai salah satu perusahaan agribisnis yang terkemuka di Indonesia, kembali menyelenggarakan workshop Kecerdasan Emosional (EQ) untuk para pemimpin dan team leadernya. Perusahaan PHG menyadari, untuk sukses kedepannya, seorang pemimpin bukan saja perlu kemampuan secara teknis, tapi kemampuan soft skillsnya juga dibutuhkan. Karena itulah sejak wal tahun ini, telah dilakukan secara berkala program pengembangan diri untuk para pemimpinnya.

Seperti yang sebelumnya, workshop EQ (Kecerdasan Emosional) yang ke-4 ini diadakan di Hotel JW Marriott Medan selama 2 hari yakni 2-3 Desember 2016 didampingi para Master Trainer dan fasilitator dar HR Excellency yakni: Bp.Anthony Dio Martin, Bp. Max Sandy, Ibu Dian Mardiriupasssa, Ibu Efina serta Bp.Rudi Thamrin. Dan untuk angkatan kali ini banyak diikuti oleh para pemimpin kebun, pabrik serta dari head office yang tersebar di berbagai wilayah di Sumatera. Dalam program ini, para leader belajar bagaimana mengelola dirinya lebih baik (sisi intrapersonal) -nya serta mengelola timnya (interpersonalnya). Dan di akhir acara, pada saat para peserta dimintai komentarnya. Mereka rata-rata memberikan komentar yang sangat memuaskan. Awalnya beberapa pemimpin mengakui bahwa mereka belum tahu mengapa perlu program Kecerdasan emosional ini diperlukan, tetapi setelah belajar mereka melihat bagaimana program ini akan sangat membantu mereka di lapangan.


 

SEMINAR PARA GURU SD PERGURUAN SUTOMO “TEACHING WITH EQ” 1 Desember 2016, Medan

Biasanya, dalam dunia pendidikan yang ditekankan adalah soal akademik. Karena itu, tidak mengherankan jika para gurupun biasanya hanya fokus pada penggemblengan IQ dan nilai akademik siswa siswinya. Padahal, disadari sekali bahwa fungsi pendidikan bukan hanya pengajaran mata pelajaran semata tapi juga pendidikan karakter serta budi pekerti. Apalagi, sekolah Sutomo di Medan sudah terkenal dengan reputasinya sebagai sekolah lama yang reputasinya telah menghasilkan banyak orang berhasil dan sukses. Tentunya sangat tidak mudah untuk bisa terus mempertahankan reputasi yang telah bagus ini.

Karena itulah, pihak Yayasan maupun bagian manajemen Sekolah Sutomo menyadari bahwa untuk menghasilkan siswa siswa yang bagus kualitasnya, maka para guru harus ditingkatkan kualitasnya dulu. Dan untuk itulah, fokus pertama adalah dengan membekali para guru di tingkatan SD (Sekolah Dasar) terlebih dahulu. Alasannya, jenjang pendidikan inilah yang sebenarnya menjadi dasar utama pilar pendidikan berikutnya. Pihak yayasan menyadari bahwa kalau selama di SD bisa diberikan dasar yang bagus, maka ke depannya anak akan siap dengan jenjang pendidikan berikutnya.

Seminar pun dilakukan dengan mengundang para guru, pembina, kepala sekolah termasuk guru Bimbingan Konseling (BK) jenjang SD yang kurang lebih berjumlah 200 orang. Dan seminar ini dibawakan langsung oleh Bp. Anthony Dio Martin dengan antusias dan inspiratif.

Banyak guru yang setelah seminar ini merasa beryukur dan berterima kasih karena di tengah kesibukan mengajarnya, jadi jarang mendapat kesempatan untuk diisi dengan ilmu yang berguna dan bermanfaat. Semoga ilmu dari seminar ini bisa memberinya inspirasi untuk menjadi guru yang semakin berdampak!


C&C for Leader Team Leader Angkatan IV, Kalbe Nutritionals Selasa-Rabu, 4-5 Oktober 2016 Di Kalbis Institute Pulomas, Jakarta Timur

Setelah berlangsung tiap tahun, kali ini HR Excellency kembali mendapatkan kepercayaan dari Management Kalbe Nutritionals untuk memberikan Training “Effective Coaching & Counseling for Leader” angkatan ke-4 bagi para pemimpin lini atasnya. Training yang diikuti oleh 20 peserta ini berlangsung tanggal 4-5 Oktober 2016 di Training Center Kalbe Nutritionals di gedung Kalbis Institute. Selama 2 hari para peserta terinspirasi melalui materi-materi yang disampaikan para Master Trainer EQ dari HR Excellency yaitu Anthony Dio Martin dan Max Sandy termasuk fasilitator role play-nya Ibu Mardi Leonora Riupassa dengan keunikan gaya mengajar mereka masing-masing.

Suasana belajar menjadi sangat seru dengan metode pembelajaran yang tidak monoton pada hal-hal teoritis saja. Peserta pun mendapatkan tips bahkan kesempatan untuk mempraktekkan langsung proses Coaching Counseling. Kesempatan ini menjadi sangat berharga karena diikuti dengan feedback membangun dari para trainer maupun dari sesame peserta. Kondisi fun yang dirasakan peserta membuat mereka menikmati setiap pembelajaran yang diberikan. Ditambah lagi dengan antusiasme peserta yang selalu ditunjukkan mereka membuat waktu berjalan sangat cepat dan tanpa terasa sudah berada dipenghujung dari training 2 hari ini. Pembelajaran-pembelajaran yang berisi ide ‘Pengembangan Orang’ yang dibutuhkan peserta untuk meningkatkan Kompetensi Kepemimpinannya pun tuntas dikupas habis. Selamat mengaplikasikan dengan penuh rasa percaya diri Leaders!

(Tim Lipsus HR Excellency)


Becoming A STAR Leader Tim Leader dan Staff Bisnis Indonesia Group Senin, 03 Oktober 2016 Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta

Bisnis media baik cetak maupun online adalah bisnis yang sangat dinamis. Bukan hanya jumlah pemainnya yang semakin bertambah dan semakin kompetitif, akan tetapi tantangan inovasi produk dan servis pun makin dituntut. Klien-klien bisnis media cetak yang dulunya puas dengan layanan yang biasa, kini semakin mengharapkan servis yang semakin tinggi. Mulai dari pemberitaan yang akurat, kecepatan pemberitaan, objektivitas hingga kemasan solusi yang sesuai dengan kebutuhan brandingnya klien. Itulah tantangan media ke depan!

Menjawab tantangan ini, media Harian Bisnis Indonesia Group merasa perlu terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas timnya, khususnya paraleader. Karena itulah salah satunya adalah mengadakan Training Leaders Day. Diantara program ini adalah pembekalan kepada para pemimpin dan staff berpotensi lainnya untuk diupdate dengan ilmu-ilmu yang relevan dan berguna.

Dalam kesempatan inilah, Harian Bisnis Indonesia sebagai salah satu 'leading' harian bisnis di Tanah Air mengundang Bp. Anthony Dio martinuntuk sharing dan berbagi informasi seputar soal bagaimana mengembangkan diri di era serbuan media online ini. Topik yang dibawakan adalah soal menjadi "GREAT LEADER" dengan cara memfokuskan pada 7 kompetensi utama untuk menjadi great leader. Berlokasi di lantai 5, Wisma Bisnis Indonesia, ruangan meeting dan training pun disesaki oleh peserta yang tertarik untuk hadir mendengarkan. Para peserta berasal dari unit bisnis yang berbeda dan jenjang yang berbeda pula. Mulai dari bagian redaksi, hingga ada pula marketing serta supportnya. Posisinya pun beragam mulai dari Direktur hingga staff biasa.

Antusiasme serta semangat para peserta pun tampak dari respon yang diberikan dari awal hingga akhir acara. Terima kasih atas sambutan positif serta animo yang telah diberikan atas acara ini. Sampai bertemu di topik yang lain! Sukses untuk Harian Bisnis Indonesia!

(*Lipsus HR Excellency)


EQM Workshop Staff Mitsubishi Corporation Rabu–Kamis, 28-29 September 2016 KTB Annex Building, Pulomas Jakarta Pusat

Untuk kali kedua Workshop Emotional Quality Management diadakan di Mitsubishi Corporation di tahun ini. Workshop yang diperuntukkan bagi para pemimpin dari berbagai bisnis group Mitsubishi Corporation ini berlangsung tanggal 28-29 September di Training Center Annex Building KTB, Pulomas Jakarta Timur. Suasana kelas terlihat sangat hidup dan energik. Peserta terlihat begitu bersemangat mengikuti proses belajar yang dibawakan dengan unik dan interaktif oleh Master Trainer HR Excellency yaitu Anthony Dio Martin dan Max Sandy. Pertanyaan kritis terkadang muncul dari peserta yang justru membuat pemahaman mereka semakin dalam ditambah lagi dengan keterbukaan peserta tentang permasalahan real yang seringkali mereka alami baik di dunia kerja maupun keluarga yang mempengaruhi stamina level mereka.

Terlihat kepuasan yang muncul dari mimik wajah peserta setelah mendengar penjelasan detail dari para master trainer. Terlebih lagi karena peserta tidak hanya mendapatkan materi yang sifatnya teoritis tapi juga diajak untuk mempraktekkan langsung beberapa hal serta diberikan banyak tips praktis yang nantinya membantu mereka untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kehidupan yang banyak menguras energi mereka dari segi emosi terutama di dunia kerja. Semuanya terasa mungkin bagi peserta setelah mereka diajak untuk melakukan sebuah aktivitas yang menguji nyali mereka dan membuktikan betapa besar pengaruh emosi mereka terhadap kesuksesan ataupun kegagalan mereka.

Bagi Anda yang penasaran dengan aktivitas tersebut ataupun materi-materi menariknya silahkan ikut workshop publik kami. Info: 021-3862521, 3518505. Bagi peserta Workshop Emotional Quality Management Mitsubishi Corporation, selamat membuktikan dan mengasah kemampuanmu dalam mengelola emosi di dunia nyata. Tak mudah namun Pasti Bisa!!!

(*Lipsus HR Excellency)

EQ for Leader Team Leader Mitsubishi Corporations Rabu-Kamis, 28-29 September 2016 KTB Annex Building, Pulomas, Jakarta Timur

Workshop 2 Hari “EQ for Leader” (Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin) untuk Team Leader Mitsubishi Corporations di KTB Annex Building- Pulomas Jakarta Timur, 28-29 September 2016.

Mitsubishi adalah sebuah group perusahaan besar dari Jepang yang memiliki banyak lini bisnis di Indonesia. Mulai dari group industry bisnis otomotif yang terkemuka dengan merk Mitusbishi-nya, hingga jasa financing, produksi cat, produksi kebutuhan ritel pakaian, energy dan trading, serta masih banyak lagi.

Secara internasional, perusahaan Mitsubishi mengakui perlunya Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial bagi para pimpinannya. Karena itulah, pihak manajemen Mitsubishi telah mencanangkan perlunya pembelajaran intensif dalam hal kecerdasan emosional (EQ) kepada para leadernya di semua jenis industri.

Sudah sejak tahun 2010, group perusahaan Mitsubishi bekerjasama denagan pihak HR Excellency menyelenggarakan workshop dan seminar Kecerdasan Emosional. Dan kali ini, dengan berlokasi di Gedung Annex Building Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) di wilayah Pulomas, Jakarta Timur lantai 3, dilaksanakanlah workshop “EQ for Leader” (Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin) yang diadakan pada tanggal 28-29 September 2016.

Workshop 2 hari ini bertujuan untuk membangun kemampuan intrapersonal (mengelola diri) serta interpersonal (mengeloal orang lain) dari para pemimpin di Mitsubsihi, khususnya para kepala seksi, supervisor, asisten manager hingga level manager. Program yang dipandu oleh para Master Trainer, coach serta fasilitator dari HR Excellency ini dilaksanakan dalam suasana yang fun, atraktif, experiential (penuh aktivitas) tetapi sarat dengan pembelajaran yang bermakna.

Terima kasih sekali lagi kepada para tim leader di Mitsubishi yang rela meluangkan waktunya, berproses, belajar serta meningkatkan kompetensi Kecerdasan Emosional (EQ)-nya melalui workshop bermanfaat ini.

(*Lipsus HR Excellency)


EQ at Work Staff & Team Leader PT Argha Karya Prima Industry Tbk Senin-Selasa, 26-27 September 2016 Citeureup, Bogor

Workshop 2 Hari “EQ at Work” (Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja) bagi Staff & Team Leader PT Argha Karya Prima Industry Tbk di Citeureup-Bogor, 26-27 September 2016.

Salah satu perusahaan penyedia plastic film terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara adalah PT Argha Karya Prima Industry Tbk. Dan sebagai perusahaan yang telah bekerja sama dengan pihak asing dalam memproduksi plastic film, tentunya tuntutan akan kualitas produk dan SDM-nya menjadi semakin penting.

Sejak dua tahun yang silam, perusahaan Argha Karya telah berkomitmen bukan hanya mengembangkan sisi manusianya dari kemampuan teknis saja, tetapi juga dari sisi Kecerdasan Emosional (EQ)-nya. Karena itulah, secara rutin pula, perusahaan Argha Karya memberi training dan memngembangkan sisi Kecerdasan Emosional para leader, staff termasuk juga pihak manajemen-nya.

Kali ini, pada tanggal 26-27 September 2016, berlokasi di kantor pusat PT Argha Karya Prima Industry dilaksanakanlah training “Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja” (EQ at Work) yang dihadiri para staff, supervisor hingga level manager dari perusahaan Argha Karya. Seperti program-program EQ yang sebelumnya ini, program inipun dipandu langsung oleh para Master Trainer EQ, coach dan fasilitator dari HR Excellency.

Selama 2 hari workshop EQ ini, para peserta diberikan inspirasi. Mulai dari pembelajaran mengenai EQ. Melihat hasil assessment pribadi mereka masing-masing. Hingga kesempatan untuk mendapatkan coaching EQ secara personal dari para coach dan fasilitator yang dihadirkan. Termasuk juga mendapatkan banyak buku, panduan, CD hingga EQ Action Plan, agar bisa diterapkan di tempat kerja. Sungguh pembelajaran yang berharga bagi para peserta, seperti yang diungkapkan para peserta melalui evaluasi akhir mereka yang disampaikan kepada perusahaan dan pihak HR Excellency.


Coaching & Counseling for Leader Tim Leader Kalbe Nutritionals Jumat-Sabtu, 23-24 September 2016 Kalbis Institute, Pulo Mas Jakarta

Workshop 2 Hari “Coaching & Counseling for Leader” bagi Tim Leader Kalbe Nutritionals di Kalbis Institute Pulo Mas Jakarta, 23-24 September 2016

Salah satu bagian penting dari kepemimpinan dadalah komitmen untuk mengembangkan anak buahnya. Kalbe Group khususnya di Kalbe Nutritionals menyadari pentingnya peranan leader bagi pengembangan anak buahnya. Apalagi, di lingkungan Kalbe sebagai salah satu farmasi besar di Indonesia, jumlah karyawannya sangat banyak. Keberhasilan organisasi Kalbe, khususnya Kalbe Nutritionals pasti tak lepas dari komitmen leadernya.

Karena itulah, bertempat di Kalbis Institute yang berlokasi di sekitar Pulo mas, diadakanlah workshop 2 hari “Coaching Counseling for Leader”. Workshop dilakukan 23-24 September 2016 dengan para peserta yang posisinya di middle management level. Dalam program inilah para peserta mendapatkan pengetahuan serta berlatih dalam role play bagaimana melakukan coaching counseling kepada anak buahnya. Dalam program ini, peserta berlatih bagaimana mempraktekkan cara mencoach anak buah yang bermasalah hingga mempertahankan kinerja anak buah yang telah bagus.

Setelah workshop ini, para peserta pun sharing dan berbagi mengenai kesannya dan insight mereka dari program ini. Banyak peserta yang sebelumnya pernah mengikuti pelatihan Coaching dan Counseling di lembaga-lembaga sebelumnya mengatakan bahwa program Coaching dan Cousnbeling ini sungguh memberikan masukan dan ilmu baru soal bagaimana pendekatan yang perlu dilakukan. Program yang diajar oleh Master Trainer Bp Max Sandy dan Ibu Dian Riupassa ini ternyata banyak memberikan tantangan baru kepada para leader yang sebelumnya merasa bahwa mereka telah bagus dalam pengembangan anak buahnya. Semoga program dari HR Excellency ini membuat Kalbe Group semakin maju! (Lipsus HR Excellency)


EQ for Leader Matahari Department Store

EQ for Leader Matahari Department Store

Emotional Quality Management Tim Pusdiklat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Jumat, 16 September 2016 Ruang Pertemuan Bag. Perpustakaan Pusdiklat BPK RI, Jakarta

Bedah Buku dan Ceramah “Emotional Quality Management” untuk Tim Pusdiklat (Pusat Pendidikan dan Latihan) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jakarta, 16 September 2016

BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI sebagai lembaga penting negara terus berbenah. Dan untuk itulah sebagai salah satu bagian penting di BPK yakni Pusdiklat (Pusat Pendidikan Latihannya) BPK juga terus meningkatkan diri dan organisasi mereka. Dibawah kepemimpinan Pak Dwi Setiawan Susanto, Head of Training Centernya BPK RI, Pusdiklat BPK RI mengalami transformasi yang luar biasa. Mulai dari budaya organisasi hingga optimalisasi personil maupun infrastruktur.

Dan dalam rangka pengembangan mindset personil itulah, diadakan acara Employee of the month yang dibarengi dengan Bedah buku dan ceramah. Dan kali ini, Bp. Anthony Dio Martin dari HR Excellency diundang secara khusus untuk membagikan ilmu dan pengalamannya yang tertuang dalam buku best seller “Emotional Quality Management (EQM)”. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 September 2016. Lokasi yang dipilih? Ruang pertemuan di bagian Perpustakaan yang tertata dengan modern milik Pusdiklat BPK RI. Dan di ruang itulah sekitar 30-40 karyawan Pusdiklat BPK hadir mendengarkan sharing mengenai konsep Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Pak Anthony Dio Martin.

Sebagai lingkungan pembelajar, bisa diperkirakan bagaimana antusiasme dan respon peserta. Rata-rata sangat bersemangat dan antusias, mulai dari bertanya, sharing bahkan curhat pengalaman pribadi terkait soal EQ. Tak lupa, sebagai bagian dari acara bedah buku ini, Pak Anthony Dio Martin dan timnya juga diajak berkeliling melihat galeri pengetahuan yang dicanangkan oleh Pusdiklat sebagai center for excellent-nya BPK RI. Sungguh kesempatan yang terhormat bisa berbagi dan sharing dengan tim pejabat, pegawai opersional di Pusdiklat hingga para widyaiswara di Pusdiklat BPK RI. Semoga menjadi organisasi yang semakin SUKSES, sesuai dengan budayanya.


EP4EP DJARUM

EP4EP_DJARUM Kamis-Jumat, 18-20 Agustus 2016

LMQ Matahari Department Store

LMQ Matahari Department Store Senin-Selasa, 15-16 agustus 2016

“Emotional Quality Management Workshop” Permata Hijau Group – Batch 3 di Hotel JW Marriott, Medan 5-6 Agustus 2016

Telah berlangsung “Emotional Quality Management Workshop” untuk para leader Permata Hijau Group Medan. Workshop untuk Batch 3 ini dilaksanakan pada tanggal 5-6 Agustus 2016 di JW Marriott Hotel, Medan dan diikuti 28 peserta. Peserta terlihat begitu terkesan dengan workshop ini terutama dengan keunikan cara penyampaian materi para Master Trainer EQ dari HR Excellency yang praktis serta tidak monoton namun tetap bisa menyampaikan semua materi dengan begitu jelas dan mendalam. Itu sebabnya waktu berjalan terasa sangat cepat dan tanpa terasa sudah berada dipenghujung workshop 2 hari ini.

Melalui materi-materi training ini peserta merasa ter “Recharged” dan tertantang untuk bisa menerapkan tips-tips praktis yang sudah diterimanya di lingkungan kerja mereka. Terutama sebagai seorang pemimpin dengan tantangan yang tidak sedikit yang tentunya membutuhkan kemampuan pengelolaan emosi yang baik juga. Tantangan besar yang diberikan kepada peserta dibagian akhir acara menjadi sebuah pengalaman yang tak pernah akan terlupakan dan yang akan selalu membangkitkan keyakinan meraka pada diri sendiri dalam melewati segala rasa ketakutan mereka yang biasanya menjadi mental block-nya. Pada akhirnya kami dari Tim HR Excellency mengucapkan selamat mengarungi kehidupan ini dan menjadi pemimpin-pemimpin yang tinggi EQ para leader Permata Hijau Group!


Emotional Quality Management Workshop Bank DBS, Jakarta 1-2 Agustus 2016

Untuk kedua kalinya HR Excellency kembali memberikan workshop tentang Emotional Quality Management bagi para karyawan dari berbagai unit kerja di tahun 2016 ini. Workshop yang menjadi program rutin disetiap tahun ini, dilaksanakan tanggal 1-2 Agustus 2016 di Gedung DBS Tower Ciputra World. Kali ini Tim HR Excellency menampilkan Max Sandy, dan Dian Mardi Leonora Riupassa sebagai Master Trainer di bidang ini.

Gaya pengajaran masing-masing Master Trainer yang unik dan interaktif membuat para peserta tetap antusias mengikuti setiap pembelajaran dengan baik dari awal hingga workshop ini berakhir. Selain itu, berbagai tips praktis yang diberikan para Master Trainer dirasakan peserta sangat membantu mereka untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam hidupnya yang banyak menguras energi mereka dari segi emosi terutama di dunia kerja. Semuanya pun terasa menjadi lebih efektif dengan adanya personal coach untuk setiap peserta.

Pada akhirnya para peserta pun diberikan penguatan supaya bisa menjadi manusia yang mau selalu berjuang dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dan tantangan hidup dengan menggunakan EQ. Kelola Emosi maka hidupmupun akan terkelola dengan baik pula. Selamat berselancar melewati setiap tantangan di depan Tim DBS!


Ciba Vision

  Senin-Selasa, 11-12 April 2016 Bertempat di .......................

SANUR 09 April 2016

Sabtu, 09 April 2016 Bertempat di ..........

ELT Publik Training

ELT Publik Training Senin-Kamis, 4-7 April 2016 Diselenggrakan di .................  

Training HR Manager Indomaret 2016, Jakarta 1 April 2016

“There’s a first time for everything”. Dan untuk pertama kalinya Tim HR Excellency diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu di PT Indomarco Prismatama (Indomaret). Tentu saja kami tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan ini dengan memberikan yang terbaik. Training sehari yang secara khusus diberikan ke para HR Manager sebagai bagian penutup dari Rakernas HR Manager ini diikuti 36 peserta dari seluruh Indonesia. Training yang berlangsung di Kantor Pusat Indomaret ini dilaksanakan tanggal 1 April 2016. Suasana training sejak awal dimulai dengan antusias dan fun. Bonding antara peserta dan para master trainer yang megajar pun terlihat sangat baik. Sejak awal pendekatan yang dipakai para Master Trainer dalam hal ini Anthony Dio Martin & Max Sandy, ke peserta pun cenderung fun dan interaktif sehingga peserta merasa proses belajarnya menjadi sangat menyenangkan. Tentu saja tantangan dipekerjaan mereka kedepan tidaklah makin mudah namun dengan pendalaman tentang cara mengoptimalisasi peran HR di organisasi, memotivasi diri dan orang lain, serta membina & mengarahkan yang dibagikan bisa menginspirasi peserta terutama untuk meningkatkan pengetahuan serta mendapatkan tips praktis yang bisa diterapkan para HRM dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang seringkali mereka hadapi di lapangan. Role play yang diberikan lebih menambah pemahaman praktis para peserta. Dan diakhir training, masing-masing peserta pun pulang dengan Noble Goal (Tujuan Mulia) pribadinya tentu saja yang mengarahkan pada tujuan bersama agar para HRM bisa menjadi partner bisnis yang terbaik bukan hanya ke atasan tapi terutama ke para karyawan di bawahnya. Tentu saja kami sangat berharap bahwa Noble Goal yang sudah dibuat itu tidak hanya berhenti hanya di angan-angan saja tapi bisa diterapkan saat kembali ke area kerjanya masing-masing. Tetap antusias dan penuh semangat dan jadilah HR yang penuh CARE dalam menjalankan perannya sebagai Partner Bisnis!!!