Identifikasi Masalah dan Bicarakan Baik-Baik pada Karyawan yang ‘Lesu’

Tidak selamanya kinerja karyawan itu stabil. Ada kalanya ia menunjukan kinerja yang baik, namun ada kalanya ia menunjukan kinerja yang menurun. Saat ia sedang menunjukan kinerja yang baik, tentu kita tidak akan ada masalah. Namun beda kasusnya jika ia sedang menunjukan kinerja yang menurun. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini?

Mari kita ingat pesan dari HRD Trainer kita terdahulu. Apakah yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal ini?

Langkah pertama, ketika anda sudah mulai tahu dan menyadari bahwa karyawan mulai bekerja malas-malasan, bandel, serta sulit diatur, maka anda perlu untuk mengidentifikasi masalah yang menjadi penyebabnya. Dengan hal ini diharapkan kita akan dapat mengetahui seluk beluk permasalahan yang menjadi penyebab kinerjanya yang menurun. Setelah kita mendapatkan kunci dari permasalahanya, kita sakan dapat menyusun strategi untuk mengatasi permasalahan itu. Sehingga karyawan yang mulai tidak rajin tersebut dapat kembali menunjukan kinerjanya. Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara mengidentifikasi permasalahan tersebut? Untuk melakukan hal ini, anda bisa tanya langsung atau menanyakan kepada rekan kerja terdekatnya.

Tanyakan secara pribadi kepada rekan kerjanya, dan usahakan karyawan yang bersangkutan tidak mengetahui kalau kita sedang melakukan semacam penyelidikan. Jika hal ini masih belum berhasil, artinya tidak ada satupun rekan kerja yang mengetahui seluk beluk permasalahanya, maka kita bisa menanyakan langsung pada karyawan tersebut.

Panggil saja karyawan tersebut ke ruangan anda, kemudian tanyakan dan bicarakan secara baik-baik. Sampaikan penilaian anda bahwa karyawan tersebut bekerja secara malas-malasan, bandel, dan sulit diatur, kalau perlu hadirkan saksi untuk memperkuat penilaian anda. Tapi yang perlu diingat, jangan membuat karyawan tersebut merasa terintimidasi, anda hanya perlu melakukan pembicaraan yang santai, nyaman, namun harus memiliki dampak yang positif bagi karyawan bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *