Kecerdasan Emosimu Rendah? Inilah 4 Hal Yang Akan Anda Korbankan!

Kecerdasan Emosimu Rendah? Inilah 4 Hal Yang Akan Anda Korbankan!

“Banyak orang tidak berhasil bukan karena tidak pintar di sekolah, tapi karena kecerdasan emosi mereka bermasalah!” (Anthony Dio Martin, www.anthonydiomartin.com)

Ryan, lulusan terbaik dengan predikat cumlaude, tapi ia susah mencari pekerjaan karena hasil tes dan interviewanya selalu menunjukkan bahwa ia punya masalah dalam hal team work.  Begitu juga Winda, ia selalu jadi yang terbaik termasuk waktu ikut program pendidikan Management Trainee, ia lulusan dengan skor tertinggi. Tapi, karirnya tidaklah mulus, ia sering konflik dengan atasan dan rekan kerjanya yang membuat karirnya mandek.

Itulah faktanya!

Untuk menyelesaikan tugas, sekolah ataupun pekerjaan memang kita membutuhkan kecerdasan intelektual. Tapi, jangan salah bukan itu satu-satunya yang menjadi syarat orang berhasil.

Kalau kita perhatikan, IQ memang bisa membantu dalam masuk ke perguruan tinggi atau lulus tes pekerjaan dan sebagainya. Namun jangan salah namun kecerdasan emosi-lah yang akan membantu kita dalam mengatasi stres dan emosi saat menghadapi ujian akhir. Maka dari itu mari kita simak hal apa saja yang dapat berantakan kalau kecerdasan emosi kita rendah.

Kinerja

Di sekolah atau di dalam pekerjaan, prestasi kita ditentukan oleh kinerja kita. Sedangkan kecerdasan emosi dapat membantu dalam mengatasi masalah sosial di tempat kerja. Hal ini sangat penting mengingat kita sebagai makhluk individu juga tidak akan terlepas dari peran kita yang sekaligus sebagai makhluk sosial.

Kesehatan Fisik

Salah satu ciri seseorang memiliki kecerdasan emosi yang baik adalah mampu mengatasi stress dengan baik. Hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik kita. Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan tekanan darah, menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, berkontribusi terhadap ketidaksuburan, dan mempercepat proses penuaan. Bukankah kita sering mendengar tatkala hasil check up kita bagus tapi ternyata kita sakit-sakitan, dokter lalu menyimpulkan, “Anda kemungkinan mengalami stress!”. Nah, kelola stres membutuhkan kecerdasan emosi yang bagus.

Kesehatan Mental

Emosi dan stres yang tidak terkendali juga bisa berdampak pada kesehatan mental, membuat kita rentan terhadap kecemasan dan depresi. Jika kita tidak bisa mengatasi emosi ini, maka akan beresiko berkurangnya kemampuan membangun hubungan yang kuat, yang bisa membuat kita merasa kesepian dan terisolasi. Jika sudah demikian maka akan semakin memperburuk kesehatan mental kita.

Hubungan Dengan Orang Lain

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dengan memahami emosi dan mengetahui cara mengatasinya, maka kita akan lebih mampu mengekspresikan perasaan kita terhadap orang lain. Ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara lebih efektif dan membangun hubungan yang lebih kuat, baik di tempat kerja maupun di kehidupan pribadi.

#kecerdasanemosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *