Cara Super Meningkatkan Kecerdasan Emosional Kita (Part 1)

Kita tentu telah sering mendengar istilah IQ atau kecerdasan intelektual. Seperti yang kita ketahui bahwa IQ menyangkut semua tentang kecerdasan dan ketangkasan otak. Berbeda dengan EQ yang berhubungan dengan kecerdasan emosional adalah semua hal yang bersangkutan dengan emosi dan kemampuan pengendalian diri. Sehingga seseorang dapat mengelola perasaan agar mendapatkan manfaat dan pengembangan diri sendiri. Memiliki kecerdasan emosi akan membekali Kita dengan keterampilan memahami perasaan orang, keterampilan komunikasi, manajemen personalia, dan memungkinkan kita meningkatkan kemampuan hubungan pribadi dan profesional.

Mengenal Emosi Diri

Kita dapat bertanya pada hati kita yang terdalam seperti apakah perasaan kita sesungguhnya. Apakah kita merupakan tipikal seorang pemarah, pemberani, penakut, pencemas, peragu atau pemalu dan sebagainya.

Kita dapat mengetahui pada saat apa dan bagaimana Kita marah, takut, gelisah, gembira, bersemangat dan sebagainya. Dengan harapan bahwa setelah mengenal emosi diri, maka akan muncul kesadaran diri bahwa kita sedang merasakan perasaan sedih, senang, takut ataupun cemas. Kesadaran diri untuk mengenali perasaan sewaktu perasaan itu datang merupakan dasar dari kecerdasan emosi.

Mengekspresikan Emosi

Perasaan marah, takut, cemas atau bahagia merupakan emosi yang wajar. Perasaan itu menjadi tidak wajar ketika kita mengekspresikannya secara berlebihan. Sebagai contoh, kita sangat mencemaskan suatu hal yang belum tentu terjadi. Lalu kita bereaksi seolah-olah apa yang ada di dalam pikiran kita tersebut benar-benar terjadi.

Contoh kasus yang sering terjadi adalah saat mengikuti ujian rekrutmen karyawan. Pada saat itu muncul perasaan cemas dan takut terutama saat menjelang tes wawancara dimana kita berhadapan dengan pewawancara yang ikut menentukan hasil ujian. Perasaan-perasaan tersebut apabila tidak dikendalikan dengan baik bisa menjadi suatu hambatan. Dengan melatih pengendalian perasaan, niscaya dapat melalui tahap ujian dengan baik.

#kecerdasanemosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *