Berapa Suhu Ruang Kantor Terbaik untuk Karyawan?

Kalau kita buat kesepakatan berapa derajatkah suhu ruangan yang nyaman untuk kantor kita, maka tidak akan ketemu. Pasalnya setiap orang memiliki ukuran nyaman sendiri-sendiri dalam menentukan suhu ruanganya. Masalahnya adalah mengukur suhu yang ‘tepat’ tergantung pada apa yang kita ukur.

Sebuah studi pernah dilakukan terhadap sembilan karyawati. Pada suhu 25 derajat Celsius mereka mengetik tanpa henti dengan tingkat kesalahan 10%. Namun saat diturunkan lima derajat, produktivitas berkurang dengan kesalahan dua kali lipat.

Suhu ruangan kantor mempengaruhi produktivitas dan cara berpikir. Ruangan hangat cocok untuk kreativitas, sementara yang dingin cocok untuk pekerja monoton. Ruangan di atas 27 derajat Celsius tak cocok untuk berhitung.

Suhu ruangan bahkan bisa mempengaruhi kemampuan berkolaborasi. Sebuah studi terhadap 33 orang di ruangan hangat menunjukkan interaksi yang hangat diantara mereka. Studi lainnya menunjukkan, suhu ideal untuk pekerjaan kantor ‘tipikal’ seperti melayani pelanggan atau memproses dokumen tertulis adalah 22 derajat Celsius.

Apa yang hendak menjadi saran dari HRD Training Indonesia merupakan penyesuaian suhu ruangan terhadap kebutuhan dari kantor kita. Kalau kita bergerak di bidang pelayanan atau memproses dokumen, maka suhu kantor yang sedikit hangat yaitu sekitar 22 derajat Celsius adalah pilihan yang direkomendasikan.

Akan lebih baik lagi jika di kantor ada tempat untuk menghangatkan dan mendinginkan tubuh. Bisa dikatakan, menggunakan trik psikologi untuk memuaskan semua orang sambil menghemat biaya listrik. Dengan demikian, karyawan kita dapat menyesuaikan sendiri kebutuhan suhu ‘nyaman’ bagi mereka. Terlepas dari itu, saran dari HRD Trainer Indonesia juga mengajak untuk membangun hubungan yang harmonis dengan sesama rekan kerja lainya di dalam kantor.

#HRDTrainerIndonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *