7 Top Tips Bekerja Dengan Penuh Stamina dan Semangat Tinggi

7 Top Tips Bekerja Dengan Penuh Stamina dan Semangat Tinggi

Alkisah, ada dua orang supir taksi yang merupakan sahabat dekat. Dulunya mereka sama-sama bekerja di sebuah pabrik. Namun, setelah pabriknya tutup gara-gara tidak kompetitif. Merekapun di PHK. Dan untuk menyambung hidup mereka, mereka pun jadi pembawa taksi. Menariknya, sikap kedua sahabat ini sangat berbeda saat melakukan pekerjaan. Yang satu, selalu ceria. Yang lainnya, selalu murung dan banyak keluh kesah.

Suatu hari, keduanya bertemu di suatu café saat sedang menunggu penumpang. Temannya yang pemurung, bertanya kepada temannya yang kelihatan tetap ceria. “Kok kamu bisa begitu semangat dan ceria terus tiap hari. Kalau kau sendiri berasa capek dengan kerjaan begini”

Si temannya yang ceria, menanggapi pertanyaan temannya itu dengan pertanyaan balik.

“Boleh tahu nggak. Tiap pagi kalau kamu mulai mau pamitan kerja dan mau bawa penumpang, bagaimana caramu pamitan kepada orang di rumah?”

Si temannya yang pemurung berkata, “Ya saya bilang mau pamit bawa penumpang”.

Lalu, si teman yang ceria berkata, “itulah bedanya. Kalau saya, pamitnya bilang begini: Saya pamitan dulu ya bawa orang keliling-keliling kota!”

Ternyata sikapnya setiap pagi itulah yang membedakannya!

Nah, itu dia.

Seberapa sering kita mengawali hari kerja dengan mengeluh dan tidak semangat? Kalau cukup sering, sebaiknya kita mulai memperbaikinya ya. Semangat bekerja erat hubungannya dengan suasana hati kita. Jika kita berangkat dari rumah dengan suasana hati yang senang dan bahagia, maka saat kerja pun kita akan tetap bersemangat. Begitupun sebaliknya, kalau kita mengawalinya dengan berbagai emosi negatif, maka hasilnya pun juga akan negatif sepanjang hari. Nah, sekarang kita sudah mendapatkan beberapa gambaran mengenai pentingnya membangun sikap positif saat mengawali aktifitas. Inilah top tips penting untuk membangun semangat kerja.

1. Istirahat yang cukup diperlukan untuk menjaga mood Anda

Pertama, pastikan waktu tidur kita cukup dan tidak kurang dari 6 jam sehari. Hal ini sangat erat kaitanya dengan mood kita. Kalau jam tidur kita berkurang, maka kita akan mudah merasa lelah dan tidak bersemangat bekerja.

2. Sarapan ataupun kudapan pagi untuk memberi energi buat Anda

Kedua, sebelum berangkat bekerja sempatkan diri untuk sarapan. Sarapan sangat penting untuk mengembalikan energi kita setelah tidur semalaman. Ketika kita sudah sarapan pagi, otomatis semangat kerja kita pun akan bertambah karena kondisi fisik telah membaik.

3. Jangan harap pekerjaan yang menyesuaikan, Andalah yang harus menyesuaikan

Ketiga, dalam bekerja memang ada kaitan khusus antara semangat kerja, prestasi kerja dan lingkungan kerja. Oleh karena itu buat diri kita senyaman mungkin dengan lingkungan kerja. Dengan adanya keakraban dengan rekan-rekan kerja maka kita akan merasa nyaman dan ada semangat tersendiri saat berada di tengah-tengah lingkungan kerja kita.

4. Belajarlah mencintai pekerjaan itu

Keempat, cintai pekerjaan itu. Cara paling realistis untuk menjaga semangat kerja adalah dengan mencintai apa yang kita kerjakan. Buatlah diri kita selalu melakukan pekerjaan itu dengan senang hati. Karena dengan begitu pekerjaan yang berat sekalipun akan terasa lebih mudah dan tidak akan terasa berat.

5. Kesehatan yang baik mempengaruhi semangat kerja yang baik

Kelima, tetaplah jaga selalu kesehatan kita. Luangkan waktu untuk berolahraga dan melakukan hobi yang kita sukai. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Bagaimana bisa kita tetap menjaga semangat kerja kita kalau fisik kita tidak sehat bukan?

6. Gunakan sudut pandang positif soal manfaat yang kamu berikan dari pekerjaanmu

Keenam, sama seperti si tukang taksi yang selalu bersemangat, rahasianya adalah melihat dari kontribusi yang mampu diberikan. Semakin Anda melihat pekerjaan Anda tidak bermanfaat dan tidak menyenangkan, maka semakin lemahlah gairah kerja Anda. Sebaliknya, tatkala Anda melihat pekerjaan Anda punya dampak dan manfaat, baik buat diri dan orang lain, maka Anda pun akan semakin punya semangat.

7. Buatlah kegembiraanmu lebih besar dari usahamu!

Dan Sullivan seorang top coach dari perusahaan Strategic Coaching (https://www.strategiccoach.com/) memiliki prinsip yang menarik, “Buatlah kegembiraan yang kamu rasakan jauh lebih besar dari usaha yang kamu lakukan”. Itulah rahasia terbesar para top performer. Rahasia kesuksesan sejati. Jadi, jika ingin tetap punya gairah kerja, rasakanlah kegembiraan ataupun kesenangan yang lebih besar dari usahamu saat ini. Termasuk kesenangan itu adalah mencari motif yang membuatmu bersemangat dengan pekerjaanmu saat ini.

Salam Antusias dari Top Trainer Indonesia!

#toptrainerindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *